FLP UIN Alauddin Mengadakan TOWR III -->
Cari Berita

FLP UIN Alauddin Mengadakan TOWR III

MAKASSAR, Bugiswarta.com -- Setelah terbentuknya Forum Lingkar Pena (FLP) Ranting Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar tahun 2012 lalu, kali ini FLP UIN kembali mengadakan Training of Writing and Recruitment (TOWR) III, bertempat di ruang Lecture Theather (LT) Kampus UIN, Sabtu-Minggu (31/10-01/11) 2015.

Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama FLP Ranting UIN dengan Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Ar-Rahmah Fakultas Ushuluddin dan Ilmu Filsafat UIN. Tema yang diangkat yakni "Jangan Takut Jadi Penulis."

Pelatihan kepenulisan ini diisi dengan beberapa materi yang dibawakan oleh para pengurus, dewan penasihat dan pembina FLP Ranting UIN dan FLP Cabang Makassar, diantaranya Reski Indah Sari dan Jumrang Ramli (Pengenalan FLP), Rahmawati Latif (Motivasi Menulis dan Perbedaan Fiksi dan Non Fiksi), Arifuddin Balla (Teknik Menulis Essay).

Selanjutnya Endang Eriana (Pengenalan Cerpen), Inayah Natsir (Pengenalan Puisi) Muhammad Hidayat (Teknik Menembus Media) dan materi terkahir dibawakan oleh Muh Asriadi (Smart in Organization).

Ketua Panitia, Sulaiman Nun mengatakan tujuan diadakannya TOWR ini ialah agar FLP Cabang UIN dapat memperlihatkan eksistensinya di dunia kepenulisan juga agar menagkis persepsi sebagian orang yang menganggap FLP Ranting UIN tidak kreatif. "Supaya FLP Ranting UIN juga bisa berjaya dan maju, karena ada pihak yang mengira FLP UIN tidak kreatif, jadi disini kita buktikan," tutur Mahasiswa jurusan Tafsir Hadis semester V ini.

Terkait kepesertaan, Reski Indah Sari, Ketua Umum FLP Ranting UIN periode 2015-2016 membeberkan jumlah kepesertaan yang ikut dalam kegiatannya. "Awalnya peserta yang mendaftar berjumlah 138 orang kemudian peserta ini diseleksi ke dalam dua tahap yakni seleksi berkas dan seleksi wawancara yang pada akhirnya menyisakan 87 peserta yang resmi dikukuhkan sebagai anggota baru FLP Ranting UIN," ujar Mahasiswi semester VII ini.

Pentingnya organisasi bentukan Helvi Tiana Rosa, Asma Nadia dan Mutmainnah ini dirasa penting oleh Reski hadir di Kampus UIN sebab organisasi ini dapat mengembangkan dunia literasi yang pada akhirnya dapat mencipta sebuah peradaban. "FLP disini hadir agar bisa mencipta sebuah peradaban dengan menulis. Intinya menulis menuntut peradaban," tutupnya.

Kegiatan diakhiri dengan pengambilan sumpah yang di pimpin oleh ketua FLP Ranting UIN kemudian pangabadian kegiatan dengan foto bersama antara seluruh pengurus dan anggota baru.


---------------------------
Muh. Galang Pratama Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Melaporkan dari Kampus II UIN Samata Kabupaten Gowa