Akbid Muhammadiyah Makassar Kelola Desa Binaan -->
Cari Berita

Akbid Muhammadiyah Makassar Kelola Desa Binaan

Ketua Unit Penjaminan Mutu dan Kajian Pengembangan Pembelajaran AKBID Muhammadiyah Makassar Nurdiana, S.St, M.Kes (tengah) bersama dengan dosen di kampusnya.
        
MAKASSAR, Bugiswarta.com -- Akbid Muhammadiyah mengelolah  desa binaan yang merupakan kelanjutan dari lokasi PKL mahasiswa. Desa binaan ini pertama kali dibentuk tahun 2013 di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.
      
Naskah perjanjian kerja sama pelaksanaan desa binaan nomor 216/KTR/VI/2014. Demikian ditegaskan Ketua Unit Penjaminan Mutu dan Kajian Pengembangan Pembelajaran. AKBID Muhammadiyah Makassar Nurdiana, S.St, M.Kes ditemui Kamis, 19 Nopember 2015
      
Dijelaskan, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pembinaan/pengembangan institusi (kelembagaan), pengembangan sumber daya manusia, pengembangan dan pembinaan derajat kesehatan ibu dan anak, peningkatan kesehatan reproduksi remaja dan peningkatan kesehatan Usia lanjut
       
"Pelaksanaan pembinaan dilakukan berdasarkan hasil laporan pelaksanaan PKL Mahasiswa yang ditindak lanjuti dengan kegiatan yang sesuai dengan masalah prioritas masyarakat, terutama yang terkait dengan kesehatan reproduksi, "kata Nurdiana
        
Pada tahun 2014 pengembangan dan  pembinaan derajat kesehatan ibu dan anak telah dilakukan melalui penyuluhan kesehatan yang terkait dengan kesehatan reproduksi, pemeriksaan IVA/Papsmear pada pasangan usia subur secara gratis yaitu sejumlah 33 PUS.

"Kegiatan selanjutnya pada tahun 2015 dengan hasil pengembangan satu desa binaan di kecamatan Sawitto Kabupaten Pinrang, "ungkapnya.
         
Kegiatan desa binaan melibatkan dosen tetap yang merupakan Tim Penanggung Jawab Desa Binaan di Kabupaten Pinrang dan mahasiswa dalam hal ini adalah BEM Akbid Muhammadiyah Makassar.

--------------
Yahya Mustafa