Tim Nasional Sambangi Kelompok Pembudidayaan Rumput Laut di Bone -->
Cari Berita

Tim Nasional Sambangi Kelompok Pembudidayaan Rumput Laut di Bone

BONE, Bugiswarta.com - Kelompok dan kelembagaan pembudidayaan rumput laut yang ada di Kelurahan Toro Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone terpilih mewakili Sulawesi Selatan dalam ajang lomba penilaian kelompok dan kelembagaan pembudidaya rumput laut tingkat nasional, Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir.Wahidah, M.Si, Jumat, (9/10).

Menurut, Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (Pu dan SDA), mengatakan Tim penilai nasional menyambangi langsung kelompok tani rumput laut, sejak Kamis, (8/10) kemarin dengan melihat bagaimana koordinasi antar petani, dinamika kelompok, cara pengelolaan sampai kualitas rumput laut yang dihasilkannya.

"Dalam menghadapi penilaian tingkat nasional ini, pihak DKP sendiri terus melakukan pembinaan kepada kelompok itu yang mewakili Provinsi sesuai koordinasi dari tim nasional," Ir. Wahidah

Lanjut, Wahidah beberapa konstruksi yang senantiasa diberikan adalah menyediakan sarana dan prasarana, serta melatih para anggota kelompok dalam upaya mengembangkan hasil rumput laut.

"Kami hanya sebatas melakukan pembinaan dan juga membantu memfasilitasi sarana dan prasarana yang ada, selain itu juga kami melatih para anggota kelompok petani rumput laut agar bisa meningkatkan produktivitasnya," bebernya.

Sekedar diketahui, dalam penilaian nantinya ada beberapa hal yang akan dijadikan sebagai indikator penilaian, antara lain tata kelola pengembangan rumput laut bagaimana cara manajemen kelompok tersebut dalam mengelola dan mengembangkan produk rumput laut (realese)