Panandatanganan Pakta Integritas Calon Kepala Desa Bukan Sebatas Seremonial Saja -->
Cari Berita

Panandatanganan Pakta Integritas Calon Kepala Desa Bukan Sebatas Seremonial Saja

BONE, Bugiswarta.com -- Ceramah umum sinegritas antara pemerintah daerah Dan instansi vertikal serta stake holder dalam rangka menjaga stabilitas kamtrantibmas serta Penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis oleh Bakal calon kepala desa di saksikan oleh Wakil Bupati Bone Drs H Ambo Dalle MM, Prof Dr Muhammad SIp,.MSi Ketua Bawaslu Republik Indonesi (RI), Dirjen Politik Dan Pemerintahan umum kemendagri Maijen TNI Soedarmo. Di Gedung Pemuda jl.Kawerang Kabupaten Bone. Kamis 29/10/2015.

Dray Febrianto Kabang Kesbangpol Kabupaten Bone menyampaikan bahwa 563 bakal calon kepala desa (Balon Kades) yang akan maju dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) pada bulan November 2015 mendatang di 177 desa Se Kabupaten Bone menandatangani Pakta Integritas di Gedung Pemuda.

Ini merupakan langakah awal untuk membangun komitmen bersama dalam menciptakan kamtrantibmas yang kondusif serta wadah untukdi menyatukan kita dalam proses pemilu kades di kabupaten Bone.

Drs. H Ambo Dalle MM dalam sambutannya, kades harus bertanggungjawab menjaga dan mewujudkan kondisi wilayah yang kondusif, mengarahkan masa pendukung dan kader untuk tidak melakukan tindakan atau kegiatan yang menimbulkan kerawanan sosial di masyarakat.Kata Ambo Dalle

"Penandatanganan ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama mewujudkan kondisi wilayah yang tentram, aman, dan nyaman," Ujarnya.

Adapun isi Pakta Integritas ini yaitu bertanggung jawab menjaga dan mewujudkan kondisi wilayah yang kondusif baik sebelum, pada saat pemilihan maupun sesudah pelaksanaan pilkades. Bersikap tulus dan ikhlas (legowo) untuk menerima hasil pilkades.

Prof Dr Muhammad, SIp,. MSi Ketua Bawaslu Rebuplik Indonesia (RI), memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya mengenai pilkades dikabupaten bone yang akan diseleggerakan pada bulan November mendatang karena ini sudah menjadi contoh nasional,

"Pak? Ibu ? Selama Rebuplik Indonesi Berdiri belum ada kabupaten yang melaksanakan pemilu serentak, Jadi ini Hal yang bersejarah yang telah kabupaten bone aktualisasikan Dan ini akan menjadi contoh kepada kabupaten lain bahkan akan menjadi contoh untuk tingkat nasional

Ia menambahkan negara kita merupakan Negara demoktaris olehnya itu Semua negara demokrasi memilih pemimpinnya secara umum, Tapi pemilihan demokratis terkadang tidak memberikan jaminan yang demokratis olehya itu diharap kerja Sama untuk menciptakan wilayah kondusif.

Hal senada juga dikatakan Dirjen Politik Dan pemerintahan umum Kemendagri Maijen TNI Soedarmo. Juga menyampaikan apresiasi kepada kesbangpol Bone karena mampu menghadirkan pemerintahan pusat, ini merupakan prestasi yang diraih oleh kabang kesbangpol Bone.

Ini merupakan nostaljian kepada saya 

Sinegritas ini bukan hanya di pusat, Kabupaten tetapi ditingkat desa juga diaplikasikan,kemudian 
Para calon harus betul-betul konsisten terkait masalah integritas supaya benar-benar memaknai wawasan kebangsaan Serta wawasan pancasila


Ia juga Menghimbau kepada para birokrasi agar netral dalam proses demokrasi ini kami tidak menginginkan ada yang tergiur dengan politik uanga, terpilih jadi Kepala desa bukan karena uangnya tapi bagaimana terpilih karena ketokohaanya.


--------------------
Jumardi