Makassar Padat Penduduk dan Macet -->
Cari Berita

Makassar Padat Penduduk dan Macet

Ilustrasi /net

MAKASSAR, Bugiswarta.com -- Makassar adalah kota macet,  penduduk padat  dan penuh bangunan jadi kesan yang sering kali tertinggal di benak turis tentang Jakarta. Tapi selain Jakarta dan beberapa kota besar lainnya, Makassar juga tak kalah padat dan macetnya.

Kesan kota yang padat penduduk begitu terasa,  saat saya melewati jalan raya di depan kampus UMI  Makassar. Terlihat jelas kota ini dijejali  banyak kendaraan bermotor, mobil,dan bangunan, mulai dari rumah hingga gedung perkantoran.

Bahkan, jika diamati jarak antar bangunannya cukup dekat. Saya mulai berpikir, Makassar ternyata mirip seperti Jakarta. Saat resmi menginjakkan kaki di Makassar, saya semakin yakin. Banyak orang yang lalu lalang di pinggir jalan, tak ketinggalan berbagai jenis kendaraan bermotor yang hilir mudik.
Kemudian di depan saya ada antrean panjang mobil. Macet  Ya, Makassar ternyata juga macet seperti Jakarta. Mobil-mobil ini berjejer rapi menunggu antrean untuk bisa jalan.

Bukan tanpa sebab, antrean ini terjadi karena ada banyak kendaraan  ingin berbalik arah di putaran depan. Namun, karena jumlah mobil yang datang cukup banyak, mereka pun antre sehingga macet cukup panjang.

"Tuh, Makassar sama seperti Jakarta kan? Macet juga," tutur Sriwahyuningsih, salah seorang warga Makassar yang menemani perjalanan saya beberapa waktu lalu di Kota Anging Mamiri tersebut.
Sambil menunggu mobil maju, saya menengok ke kiri dan kanan. Banyak gedung tinggi berbaris rapi. Alih-alih bangunan tua, gedung-gedung yang mengisi Kota Makassar tergolong modern.

"Makassar juga penuh (penduduk) sama seperti Jakarta, sudah banyak bangunan juga. Makassar kota besar juga sama seperti Jakarta. Jangan kaget ya, putri" tambahnya.

Saya hanya tersenyum mendengar perkatannya. Tapi dalam hati saya ikut setuju. Makassar adalah salah satu kota besar di Indonesia selain Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Tak hanya gedung bertingkat dan banyak penduduk, kota ini juga cukup modern. Sudah banyak mal, juga akses internet bebas. Jadi, jangan kaget soal macet begitu Anda ke Makassar.


-----------------

Tiarawati