Mahasiswa Komunitas Budaya di Bone Buat Acara Kampung Budaya -->
Cari Berita

Mahasiswa Komunitas Budaya di Bone Buat Acara Kampung Budaya

BONE, Bugiswarta.com -- Budaya adalah kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya, proses yang sangat panjang dan menjadi tradisi yang menjadi kebiasaan masyarakat pada masa lampau hingga menjadi identitas sebuah Daerah.

Hal inilah yang direspon oleh Sejumlah komunitas mahasiswa budaya dan sanggar budaya di Bone untuk menggelar kampung Budaya

Kegiatan kampung budaya yang dirangkai dengan pameran benda pusaka dan penampilan kesenian pada kegiatan tersebut di Buka oleh Bupati Bone yang diwakili oleh Kabag Humas Pemkab Bone, Andi Promal Pawi.

Dalam sambutannya Promal yang juga Pembina komunitas pecinta benda pusaka La Makkawa tersebut mengatakan kegiatan yang digagas oleh mahasiswa tersebut merupakan wujud tridarma perguruan tinggi sebagai wujud pengabdian masyarakat.

Dia menambahkan, dengan kegiatan tersebut menjadi motivasi untuk pelestarian budaya Bone.

"Bone adalah salah satu kerajaan tertua di nusantara, selain itu Bone merupakan pusat kerajaan Bugis, saat ini Kabupaten Bone tetap memegang teguh adat istiadat suku bugis, kegiatan yang digagas generasi muda ini wajib diapresiasi," ujarnya, kemarin.

Sementara itu ketua panitia, Ardiansyah mengatakan event tersebut berawal dari kekhawatiran terkikisnya budaya dan adat istiadat Bugis Bone khususnya pada generasi muda.

"Kekhawatirannya masih banyak orang-orang Bone hampir melupakan budaya Bugis Bone itu sendiri, padahal kebudayaan Bone harus dijunjung tinggi, kallolona (generasi muda) Bugis Bone harus menjunjung tinggi budayanya," kata Ardiansyah.

Pada event kampung budaya tersebut, dia mengatakan akan digelar hingga tiga hari mendatang, berbagai kegiatan digelar diantaranya pameran benda pusaka dan pagelaran pentas seni tradisional Bugis Bone.

------------------------
Usman