Festival Adat Kawali di Desa Tetewatu Soppeng -->
Cari Berita

Festival Adat Kawali di Desa Tetewatu Soppeng


SOPPENG, Bugiswarta.com -- Acara adat digelar sangat meriah di Desa Tetewatu, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng, Jumat (1/10/2015).


Acara itu diberi nama Festival Adat Kawali yang merupakan acara rutin di desa yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Watansoppeng. Menariknya, acara itu digelar ditengah sebuah lapangan bola dimalam yang gelap. Warga yang menyaksikan pagelaran duduk bersila di depan panggung.

Calon Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak (Akar) menjadi pusat perhatian penonton malam itu. Pria yang akrab disapa Andi Dulli ini adalah Ketua Dewan Pembina Teater Kawali, pemilik hajatan malam itu.

Saat Andi Kaswdi memberikan sambutannya, ribuan warga Tetewatu berkali-kali meneriakkan namanya. "Saya terharu dengan undangan ini. Jelas ini momen yang sangat pas mengembalikan kejayaan kesenian Soppeng," ungkap Dandi.

Dandi kemudian memawarkan agar festival itu bisa masuk dalam kalender tetap acara kesenian di Soppeng. "Jika nanti memimpin, saya akan jadikan festival ini sebagai kalender tahunan," katanya yang kemudian disambut koor setuju dari warga.

Malam itu, berbagai acara kesenian dipentaskan. Menjadi sangat menarik karena semua pagelaran kesenian itu adalah kesenian yang sudah hampir punah. (*)