Sekilas Tentang Wisata Alam Lejja Kabupaten Soppeng dan 'Ritual Mappaleppe Manu' (1) -->
Cari Berita

Sekilas Tentang Wisata Alam Lejja Kabupaten Soppeng dan 'Ritual Mappaleppe Manu' (1)


Terlihat pengunjung malaksanakan ritual Mappaleppe Manu di sumber air wisata Alam Air Panas Lejja Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng (usman)


SOPPENG, Bugiswarta.com -- Salah satu tempat wisata alam yang ramai dikunjungi masyarakat, baik masyarakat Soppeng begitu pula dari luar daerah Soppeng

Rindangnya pepohonan dan kesejukan udaranya serta lebatnya hutan dan jalanan berliku memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung, mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa.

Banyak mistik yang ada tempat wisata tersebut mulai dari penghuninya hingga hal lain yang membuat bulu kuduk merinding.

Hal ini pula yang menjadikan masyarakat justru berkeinginan untuk menkmati wisata alam tersebut, apalgi banyak masyarakat yang masih memiliki faham animisme sehingga saat berkunjung ketempat tersebut banyak melakukan ritual-ritual yang berbauh mistik.

Seperti 'Mappaleppe Manu' melepaskan sepasang ayam di dekat sumber air sebagai bentuk Mappatabe (minta ijin) atau menunaikan nazar.

Juru kunci mata Air Panas H. Abunawas yang pernah ditemui bugiswarta.com menceritakan dari ribuan pengunjung pertahun memiliki niat yang berbeda-beda

"Ada yang kesini karena memang punya nazar, ada pula yang ke tempat ini hanya karena ingin berekreasi," kata H Abunawas.
------------
Usman