Pilkada Soppeng : Paslon Jangan Labrak Aturan -->
Cari Berita

Pilkada Soppeng : Paslon Jangan Labrak Aturan

Ketua Panwas Soppeng Herman Lilo

SOPPENG, Bugiswarta.com - Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Soppeng, Herman Lilo mengatakan, pasangan calon bupati dan wakil bupati Soppeng tidak boleh berkreasi berlebihan yang menabrak aturan.

"Tidak boleh pasangan calon berkreasi berlebihan yang menabrak rule of the game, misalnya, ukuran bahan kampanye melebih ketentuan," kata Herman Lilo kepada wartawan, Jumat (11/9).

Herman menambahkan, nilai-nilai equility harus padu padan sehingga Pilkada Soppeng berjalan aman dan baik.

"Kami sangat memperhatikan dan mengawasi setiap tahapan. Semangat universalitas dan equility sangat penting bagi kami," ungkap Herman.

Menurut Herman, Panwaslu Soppeng telah mengeluarkan banyak rekomendasi secara lisan dan tulisan melalui Panitia Pemantau Lapangan (PPL), Panwascam maupun Panwaslu itu sendiri.

"Kami sudah bekerja maksimal sejak tahapan berjalan. Jangan ada pertanyaan banci atau panwas tidak bekerja hanya karena melihat satu sisi saja," tegasnya.

Herman mengungkapkan, panwaslu sudah bekerja maksimal, mulai dari pengawasan verifikasi faktual dukungan pasangan Cabup dan Cawabup Soppeng jalur perseorangan, pemutakhiran data pemilih, pengawasan kampanye dan percetakan bahan APK hingga aktif dalam penertiban atribut kampanye.

"Kami terus mengawasi setiap proses untuk memastikan semua pihak telah melakukan tugasnya sesuai regulasi," ungkapnya.

Herman menjelaskan, untuk laporan masih bersifat banji karena tidak ada yang berani melapor dengan mengisi format A.1 alias tertulis. Para pelapor kebanyakan melapornya lewat telepon atau sosial media.

"Tidak ada yang berani melapor soal pelanggaran pilkada, pelapor bersifat banci tidak berani mengisi format A.1," jelas Herman.
------------
Usman