Masih Ingatkah 'Massempe' Salah Satu Olahraga dan Tradisi Masyarakat Bigis -->
Cari Berita

Masih Ingatkah 'Massempe' Salah Satu Olahraga dan Tradisi Masyarakat Bigis

Tradisi Massempe di Kabupaten Bone masih menjadi olahraga yang sering diperagakan pada acara tahunan masyarakat Bugis.(Foto Istimewa)

BONE, Bugiswarta.com -- Massempe', yang yang biasa digelar di Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone, Tradisi baku tendang merupakan sajian paling ditunggu oleh ratusan warga yang rela berdesak-desakan di tengah teriknya matahari. Meskipun terkesan anarkis, namun tradisi ini justru merupakan ajang silaturrahmi antar warga di kampung mau pun kampung tetangga.

Tradisi massempe selain dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti tradisi menyambut bulan Syawal juga dilakukan untuk menyambut pesta panen raya di desa itu. Ratusan warga memenuhi alun-alun. Sebelum melakukan pertarungan terlebih dahulu para peserta melakukan prosesi berjalan sambil menepuk-nepuk paha mengelilingi lapangan.

Satu-perersatu peserta bertarung satu lawan satu. Dalam pertarungan ini peserta hanya bisa mengandalkan kaki dan tak boleh menggunakan tangan. Duel dipandu oleh dua orang sesepuh kampung. Tak jarang dalam salah satu pertandingan, peserta mengalami luka. Meski demikian tak ada dendam antarsesama peserta.

Salah seorang warga, rela jauh-jauh datang hanya untuk menyaksikan tradisi yang hanya dilakukan sekali setahun ini. "Iya ini memang sudah tradisi. Saya hanya menonton saja, karena seru juga sebab beberapa penonton yang lain kadang histeris jika salah seorang dari petarung terjatuh akibat tak mampu menahan tendangan lawannya," katanya.

Massempe juga memiliki aturan tersendiri. Jika ada yang melanggar aturan yang telah ditetapkan secara turun temurun itu, maka peserta yang melanggar akan mendapatkan hukuman yaitu tidak akan diikutkan bertanding pada tahun berikutnya. Aturan yang tidak boleh dilanggar, adalah jika peserta duel dengan menggunakan tangan.

Massempe dilakukan dengan pertandingan dua pria yang seumuran seperti silat. Namun dalam Massempe, peserta tidak diperkenankan menggunakan tangan melainkan hanya menyerang dengan kedua kaki

----------------------------
Sumber Teluk Bone