Editorial : Ketika Partai Ibunda Mendukung Pasangan Cabup Lain Pada Pilkada Soppeng -->
Cari Berita

Editorial : Ketika Partai Ibunda Mendukung Pasangan Cabup Lain Pada Pilkada Soppeng

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Banyak yang memberikan komentar bahwa semua apa yang terjadi dalam mengarungi kehidupan memiliki integrasi dengan konsep sebab akibat, jika ada akibat maka ada pula sebab.

Coba kita dalami fakta di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Soppeng dimana partai Gerindra yang membawa Ibu kandung Zulkarnain Soetomo, Hj Andi Pattappaunga menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Soppeng mendukung pasangan calon bupati lain, kendati anak ketua DPRD tersebut maju pada pilkada Soppeng sebagai calon wakil Bupati Soppeng mendampingi Ir. Lutfi Halide, M.P.

Mengapa demikian, apakah ini merupakan sebab akibat atau ada hal lain yang belum terungkap secara rasional yang membawa partai gerindra yang sedianya mendukung Zulkarnain Soetomo sebagai Cabup sebab kedua orang tuanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan gerindra di Bumi Latemmamala Soppeng yang tidak berpantai ini.

Sekedar diketahui bahwa Orang tua Zulkarnain yakni Soetomo (Bupati Soppeng dua periode) merupakan pengurus di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, dan Ibunya Hj Pattappaunga adalah ketua DPRD Soppeng dari partai besutan Prabowo Subianto mendukung pasangan Akar-Super, sehingga secara kasat mata dan administrasi bagi yang loyal kepada partai maka akan mendukung pasangan yang diusung partainya, namun secara nurani karakter bugis, sesuatu hal yang mustahil keduanya tidak memberikan dukungan terhadap sang buah hati.

Apakah ini desain tokoh, atau desain natural, mari kita ambil hikmah didalamnya mengapa partai harus memisahkan orangtua dengan putranya. Atau ini strategi dan desain yang dilakukan sebagai bagian dari pendidikan Politik untuk masyarakat Soppeng.

Hingga pendaftaran pasangan cabup cawabup di Penyelenggara pilkad KPU Soppeng pasangan LHD-Azas mengantongi rekomendasi partai PPP 3 kursi (yang juga mendukung Akar Super dalam deklarasi), Demokrat 2 kursi, PBB 1 kursi dan NasDem 1 kursi.

Bahkan Andi Akbar Singke yang merupakan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Partai Besutan Surya Paloh NasDem yang juga memiliki pengaruh di Kabupaten Soppeng memilih mundur dan memberikan dukungan terhadap Akar Super

---------------------------------
Usman