Citizen Report : Universitas Sawerigading Miliki Pengalaman Kelola Kampus -->
Cari Berita

Citizen Report : Universitas Sawerigading Miliki Pengalaman Kelola Kampus

Makassar,bugiswarta.com - Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Hj Andi Niartiningsih, Universitas  Sawerigading (Unsa) Makassar sudah memiliki perjalanan yang cukup panjang cukup memiliki pengalaman yang bisa diandalkan untuk mengelola pendidikan, sehingga dari pengalaman yang panjang ini. Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan Unhas, mengatakan hal ini saat menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada Wisuda Sarjana  XVII Unsa, di Hotel Sahid Jaya Makassar, Sabtu 29 Agusutus 2015.

"didalam mengelola kampus Unsa sudah saatnya bisa memiliki kekhasan, terutama dalam memberikan andil terhadap pengembangan SDM, agar bisa sejajar dengan perguruan tinggi lainnya.  Dan trend itu sudah mulai tampak di Unsa," Kata Mantan Dekan Fakultas Perikanan Unhas ini.

Agar Unsa ini tetap konsisten diharapkan  sinergitas antara pengelola, penyelenggara dan mahasiswa harus selalu terjalan baik.Pengalaman menunjukkan beberapa perguruan tinggi mengalami masalah karena tidak bisa menjalin kerjasama internal di kampus. Dan hal ini sangat mengganggu proses pendidikan di kampus. Dan kalau ini terjadi maka yang rugi adalah semuanya, tegas salah seorang asesor BAN-PT ini.

Kampus Unsa tegasnya,  "salah satu perguruan tinggi swasta lingkup Kopertis Wilayah IX  dalam melaksanakan proses Tri Dharma Perguruan Tinggi  selalu mengacu dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT)." Urainya

Rektor UNSA Makassar, Prof Dr Hj Andi Melantik Rompegading, menyampaikam jumlah lulusan diwisuda sebanyak 162 orang. 

"Ini menunjukkan pula kalau Unsa sudah semakin maju dan bermutu.  Para alumninya sebagian sudah bekerja dan lainnya  bersiap-siap bersaing  dalam bursa kerja." jelasnya

Guru Besar Unsa ini, menambahkan pada tahun akademik 2014/2015 telah membina mahasiswa sebanyak 2.135 orang, dengan perincian  Fakultas Teknik (Elektro) 228 orang, Fisipol  Prodi Sosiologi 234 orang dan Prodi Ilmu Administrasi Negara 412 orang, Fakultas Sastra, Prodi  Bahasa dan Sastra Inggris 126 orang, Fakultas Hukum  (Ilmu Hukum) 695 orang, dan FKIP Prodi Matematika 193 orang, dan Prodi Bahasa Indonesia 247 orang.

Tenaga  SDM dosen, sebanyak 81 orang, terdiri dosen DPK  sebanyak 6 orang, dosen tetap yayasan 59 orang dan dosen luar biasa 16 orang, dengan kualifikasi pendidikan magister dan doktor. Dan pada tahun 2015 tercatat 8 orang dosen Unsa sedangv mengikuti program doktor (S3), di Unair Surabaya, Unibrawa Malang, Unhas, UNM dan UMI Makassar. Tahun depan mengharapkan Unsa sudah memiliki  15 orang dosen yang berkualifikasi doktor (S3).

Ketua Yayasan   Persa, Susanty I Mutia Lagaligo Syahadat, S.Sos., M.Si mendukung semua proses pendidikan di Unsa, termasuk  perbaikan sarana dan prasarana pembelajaran, seperti ruang kelas, laboratorium, dan kelengkapan kompputer, melalui program PHP DIKTI dan lainnya. “Kami selaku badan penyelenggara pendidikan yang berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat sangat mendukung proses pendidikan  lebih maju,”tandas mahasiswa S3 administrasi negara PPs-Universias 17 Agustus 1945 Surabaya ini.

Citizen Report : Moh Yahya Mustafa
Staf Humas Kopertis IX Sulawesi