Citizen Report : Batara Surya Terbitkan Buku Ketiganya -->
Cari Berita

Citizen Report : Batara Surya Terbitkan Buku Ketiganya

Bone,Bugiswarta.com-Salah seorang putra kelahiran Bengo Kabupaten Bone, Dr Ir Batara Surya, M.Si di Makassar, awal Oktober 2015 akan meluncurkan buku ketiga yang ditulis. Buku itu berjudul Sosiologi Spasial Perkotaan (Gagasan dan Pengalaman Empiris).

Buku setebal 323 halaman ini termasuk buku pertama yang terbit membahas soal spasial perkotaan dengan segala dinamika dan masalah yang mengitarinya.  

Ditemui di kampusnya Program Pascasajana Universitas Bosowa Makassar, Batara Surya menegaskan, tahun-tahun sebelumnya telah menulis dua buku yakni, Urbanisasi dan Pertumbuhan  Kota (2012) serta Penetrasi Kapitalisme Memarginalkan Komunitas Lokal (2014).

"Proses percetakan dan penerbitan sedang berjalan direncanakan akhir September 2015 selesai cetak dan dan rencananya awal Oktober akan dilakukan peluncuran,"Kata Batara Surya

Buku ini diterbikan oleh Fahmis Pustaka di Makassar. Penerbit yang cukup banyak menghasilkan buku-buku teks perguruan tinggi serta buku bermuatan kearifan lokal, tandas Batara yang juga  Ketua Prodi S2 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Universitas Boswa 45 Makassar ini.

"Tema yang menjadi fokus penulisan dalam buku ini termasuk di antaranya, dialektika modernitas artikulasi spasial kapitalisme dan rasionalisme tindakan komunitas lokal studi di kawasan pinggiran Daya dan sekitarnya,"ujarnya

Selain itu juga membahas soal dinamika perubahan struktur dan pola ruang kawasan pinggiran kota, tandas pria  kelahiran 13 Januari 1971 di Bengo Lapri Bone ini.

"Masalah lain yang juga dibahas yakni seputar perubahan fisik spasial kawasan pinggiran memarginalkan komunitas lokal kasus pada kota baru Metro Tanjung Bunga Kota Makassar,"Ujarnya

Juga ada memuat pendekatan konsep artikulasi spasial perkotaan menuju perencanaan spasial dan pembangunan keruangan perkotaan berkelanjutan, ungkap doktor sosiologi S3 PPs-UNM  2010 ini.

Buku ini merupakan yang pertama terbit, dengan fokus membahas sosiologi spasial, naskah buku selanjutnya dengan mengupas tema sosiologi spasial kemaritiman dan sosiologi spasial pedesaan dalam waktu dekat akan segera masuk di penerbit dan dilakukan proses editing dan percetakan, tandas ayah Nela Sapila Ramadani Batara dan Muhammad Novel Safran Rafiul Batara ini.

Data Pribadi :
Batara Surya lahir di Bengo Bone 13 Januari 1971. S1 Perencanaan Wilayah Universotas 45 Makassar 1995.  Magister Manajemen Perkotaan PPs-Unhas 2001 serta doktor sosiologi perkotaan 2010.Tamat SMAN Cakke 1989.

Anggota Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia. Team leader penyusunan rencana pengembangan kawasan pemukiman prioritas Kota Makassar 2010 dan beberapa kota lainnya di pelosok Indonesia.     
Citizen Report : Yahya Mustafa