Cegah Ilegal Loging, Dishutbun Soppeng Gelar Sosialisasi -->
Cari Berita

Cegah Ilegal Loging, Dishutbun Soppeng Gelar Sosialisasi

Soppeng,bugiswarta.com-Dinas Kehutanan dan perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Soppeng Werdin, menggelar sosialisasi penatausahaan, kepada kelompok tani pelaku industri dan polhut.

Untuk mencegah ilegal login masyarakat diberi kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan penatausahaan atas hasil hutannya. Dalam penatausahaan hasil hutan terlebih dahulu menetapkan jenis, pengukuran, volume, berat dan penghitungan jumlah serta melengkapi surat keterangan asal usul hasil hutan berupa nota angkutan, nota angkutan penggunaan sendiri dan surat kereangan asal-usaul.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai penerapan peraturan bidang bina usaha kehutanan baik hasil hutan kayu maupun non kayu.

"Serta memberikan pemahaman mengenai implikasi hukum dari penerapan peraturan tersebut, serta memberikan gambaran terhadap pelaksanaan regulasi tersebut di Soppeng," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana, Salahuddin, mengatakan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi tersebut agar hasil hutan yang diangkut dapat terlindungi dengan dokumen yang sah dan terdapat kesesuaian antara dokumen pengangkutan dengan fisik hasil hutan yang
diangkut.

Usman