Samsidar Ishak : HUT RI Jangan Sebatas Seremonial -->
Cari Berita

Samsidar Ishak : HUT RI Jangan Sebatas Seremonial

Wakil Ketua DPRD Bone Samsidar Ishak (Istimewa)
Bone, Bugiswarta.com-Gema perayaan HUT Kemerdekaan RI mulai terasa sejak awal Agustus ini. Sejumlah komponen masyarakat menggelar berbagai kegiatan serangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI. 

Sayangnya, berbagai kegiatan perayaan kebanyakan hanya seremonial alias formalitas. Padahal, yang terpenting merayakan Kemerdekaan adalah membangun karakter generasi muda.

Bahkan, menurut Wakil Ketua DPRD Bone Andi Samsidar Ishak mengatakan perayaan HUT Kemerdekaan idealnya dibuat lebih tajam, bukan sekadar seremonial.

"Memilih kegiatan untuk merayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan ini agar bisa menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda yang kini telah memudar. Rasa kebangsaan di kalangan generasi muda harus dapat dipupuk secara terus-menerus, sehingga ada rasa bangsa terhadap bangsanya sendiri.,"paparnya

Salah satunya, yakni memberikan pemaknaan yang lebih mendalam terkait kemerdekaan. Sekarang, pemaknaan kemerdekaan masih sangat dangkal, khususnya bagi generasi muda.

"Justru, hanya ditekankan ke upacara. Idealnya, di era degradasi moral ini, perayaan HUT Kemerdekaan ditekankan pada tumbuhnya rasa nasionalisme. Lalu, menumbuhkan makna dan spirit kemerdekaan"terangnya.

Salah satunya, kegiatan sarasehan, festival bernuansa kepahlawanan dan sejenisnya. Tujuannya, membangkitkan nasionalisme di kalangan pemuda,sehingga mereka bisa memaknai kemerdekaan secara mendalam.

Maraknya pemasangan bendera Merah Putih di berbagai pelosok desa patut diapresiasi. Harapannya, fenomena ini diikuti tumbuhnya semangat nasionalisme, bukan seksdar memasang bendera. 

"Kita patut dorong gejala pasang bendera ini. Tetapi, yang terpenting jangan sekadar formalitas, apalagi hanya seremonial semata," ungkap Srikandi Gerindra Kabupaten Bone ini

Laporan Usman