Misteri Sejarah Goa Mampu dan 7 Kampung Di Kabupaten Bone -->
Cari Berita

Misteri Sejarah Goa Mampu dan 7 Kampung Di Kabupaten Bone

Detik-detik pengibaran bendera di Dalam Goa Mapu
Banyak hal yag unik diluar logika, cerita beredar dan berkembang ditengah masyarakat tengtang sebuah miniatu di Dalam goa mampu yang ada di Tellu Siatting Kabupaten Bone

mulai dari adanya perempuan bersarung dan batu berbentuk anak kecil yang ada didalam goa tersebut.

Selain itu ada juga batu menyerupai anjing, buaya, kepiting, rusa juga ular. 

Batu lainnya menyerupai perahu, sawah, lumbung padi, lumbung garam dan hutan bambu. Sayangnya, nama ketujuh kampung tersebut belum diketahui sampai saat ini.

"Kita baru adakan penelitian, karena kisah tujuh kampung dalam goa ini masih simpang siur, ada banyak versi cerita yang beredar di masyarakat" ungkap Ansar.

Kisah Goa Mampu ini dianggap legenda karena belum ada peneliti yang bisa membuktikan kebenaran apakah batu yang menyerupai manusia, hewan dan benda lainnya adalah benar kutukan, sengaja dibuat oleh manusia atau bentukan alam sejak ribuan tahun lalu.

"Memang sulit untuk dibuktikan kalau belum diteliti, apalagi goa ini adalah goa tertua dalam peradaban Bone" tambah Ansar.

Sayangnya, Goa Mampu belum dikelola dengan baik oleh pemerintah, hingga tak mampu menarik para wisatawan asing untuk berkunjung kesana. Kisah kutukan di Goa Mampu, bisa jadi adalah sejarah peradaban namun kini hanya dijadikan legenda oleh masyarakat Bone.

Laporan (EK)
Editor Usman