Potensi Wisata 'Waetuo' Kecamatan Kajuara -->
Cari Berita

Potensi Wisata 'Waetuo' Kecamatan Kajuara

Suasana Permandian Yang belum dikelola Maksimal di Desa Waetuo Kecamatan Kajuara Bone
WATAMPONE, BUGIS WARTA -- Memang tiada yang sesempurna ciptaan-NYA, ketika kita melihat berbagai keindahan alam bagaimana negara kita kaya akan sumber daya alam, walau terkadang kita tak menyadarinya. Terletak puluhan kilometer dari pusat kota Watampone, Desa Waetuo Kecamatan Kajuara nyatanya memiliki sumber daya alam yang tiada habisnya.

Mata air yang bersumber dibawah sebuah pohon besar dan diduga berusia ribuan tahun, menjadi sumber air minum warga Desa Waetuo bahkan dijadikan sumber air mineral kemasan. Namun sayangnya, mata air tersebut justru dikelola dan dinikmati oleh warga Kabupaten Sinjai dan masyarakat sekitar hanya dibangunkan sebuah kolam permandian untuk dikelola .

Tepat diatas sumber air, berdiri kokoh sebuah pohon besar yang oleh masyarakat sekitar disebut "aju kebbong" atau pohon Ara. Menurut Hj. Mariam, salah seorang warga sekitar mata air, pohon tersebut sudah berusia ratusan tahun dan dikeramatkan oleh sebagian masyarakat yang masih percaya dengan mitos. Banyak masyarakat yang mendatangi pohon tersebut sambil memanjatkan doa dan mengucapkan apa yang menjadi keinginan mereka, terutama mengenai jodoh.

Percaya tak percaya, Hj. Mariam mengatakan kalau ada banyak diantara mereka yang datang itu, terwujud keinginannya. "Sudah sering orang datang disini minta doa, dan memang barhasil" ungkap Hj Mariam. Selain itu, sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar untuk datang ke permandian pasca panen atau ketika mereka sukses dalam berdagang atau sukses dalam perantauan. Sayangnya kawasan sekitar sumber air tersebut masih terlihat kotor dan tak terawat.

Ekha/La Barakka