Selayang Pandang Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kabupaten BARRU -->
Cari Berita

Selayang Pandang Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kabupaten BARRU

Berpose usai pelantikan
Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiwa Barru merupakan salah satu dari komponen masyarakat yang berkeinginan keras untuk membangun dan memantapkan posisi Barru tidak hanya secara geografis tetapi juga secara demografis. 
Perjuangan untuk mewujudkan usaha tersebut harus kami akui bahwa membutuhkan usaha keras serta dukungan baik itu dari masyarakat umum ataupun pemerintah Kabupaten. Akan tetapi aral besar mungkin saja berada di depan kita akan tetapi semangat juang sebagai Warga Barru yang kemudian mampu mematahkan rintangan sebesar apapun.

Dalam tataran ideal dan realitas insan GAPPEMBAR harus memiliki karakteristik sebagaimana yang termaktub dalam tujuan, karena karakteristik yang kami maksudkan diatas adalah juga menjadi sebagai indentitas seorang GAPPEMBAR yang nantinya diharapkan mampu memberikan harapan bagi terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah Subhanau Wa Taala.

Penyaluran bakat-bakat yang dimiliki oleh seluruh Insan GAPPEMBAR melalui pembentukan lembaga-lembaga khusus Insya Allah akan mampu membimbing insan GAPPEMBAR ke arah profesionalisme bentuk perjuangan sesuai dengan disipilin ilmu masing-masing. Jika ini dapat berjalan dengan optimal maka strategi yang kemudian dijalankan adalah memberikan kontribusi terhadap pemerintah kabupaten tentunya dengan masih berada pada jalur ke-pemuda-an, ke-pelajar-an, ke-mahasiswa-an, ke-ummat-an, Ke-Barru-an dan ke-bangsa-an hingga pada akhirnya pihak trinitas kekuasaan (Eksekutif, Legislatif dan yudikatif) tidak lagi hanya menganggap GAPPEMBAR sebagai anaknya akan tetapi menjadikan GAPPEMBAR sebagai sparing partner dalam pembangunan Barru ke depan, amin.

Sebagai sebuah organisasi yang berbasis kedaerahan kiranya Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru mampu memperlihatkan kinerjanya tidak hanya dikalangan elite namun lebih menyentuh grass root. Dalam tataran ideal GAPPEMBAR sebagai agent of sosial control harus mampu memberikan pencerahan rohani dan intelektual tidak hanya kepada anggotanya namun juga mencakup masyarakat Barru secara keseluruhan.

Menjalankan fungsinya sebagai agent of change, moral force dan agent of social control GAPPEMBAR memang betul-betul harus bersentuhan langsung dengan kelompok grass root dan kelompok trinitas kekuasaan. Pada kelompok grass root GAPPEMBAR harus mampu mengejawantahkan karakteristik dan identitasnya sebagai insan GAPPEMBAR kemudian menjadi mediator terhadap kepentingan-kepentingan masyarakat luas yang harus dikomunikasikan dengan pihak pemerintah kabupaten.

Menyikapi kondisi ke-pemuda-an, ke-pelajar-an, ke-mahasiswa-an, ke-ummat-an dan ke-bangsa-an maka Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru haruslah mampu membuktikan kepada masyarakat luas bahwa GAPPEMBAR hanya diikat oleh komitmen-komitmen yang berpihak pada kebenaran dan keadilan. Oleh karena itu Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru haruslah mempunyai main idea akan kinerjanya kedepan. Main idea yang kami maksudkan berfungsi sebagai strategi pergerakan yang tidak bertentangan dengan aturan main organisasi. 

VISI  DPP GAPPEMBAR PERIODE 2013-2015

"Mengembalikan semangat GAPPEMBAR sebagai organisasi kader, pengembangan potensi diri, berjiwa sosial dan berkonstribusi aktif  dalam pengembangan Daerah Barru" 
Misi
* Meingkatkan kualitas GAPPEMBAR sebagai organisasi kader
* Membuat program yang inovatif dan kontributif
* Menghidupkan kegiatan pengembangan diri dan keterampilan perempuan

Adapun kebijakan umum yang mesti kita lakukan kedepan adalah:

1.Pelaksanaan program kerja harus betul-betul bermanfaat bagi kepentingan masyarakat luas agar kiranya terbangun citra bahwa GAPPEMBAR masih memiliki sense of local problem.

2.Penataan dan pembenahan manajemen organisasi terutama mengenai fungsionalisasi dan maksimalisasi aparatur organisasi yang berlandaskan kolektif kolegial.

3.Perkaderan yang selama ini dilakukan pada tingkat komisariat perlu ditingkatkan mutu dan diperjelas Aarah serta tujuannya, sehingga lepasan kader tersebut diharapkan mampu menjadi loyalis GAPPEMBAR yang mempunyai semangat memiliki GAPPEMBAR dan haus akan pemikiran rasional serta dahaga akan perubahan.

4.Memaksimalkan potensi-potensi sumber daya organisasi dalam perealisasian program kerja yang sinergis dengan karakteristik yang dimilikinya sebagai social of change.

5.Memaksimalkan peran serta dan pemberdayaan perempuan sebagai upaya perjuangan pembelaan akan hak-hak perempuan.

Awient Mawardi
La Barakka