Idul adha, Ribuan Warga Muhammadiyah Khusyu Dibawah Terik Matahari -->
Cari Berita

Idul adha, Ribuan Warga Muhammadiyah Khusyu Dibawah Terik Matahari

Ribuan Warga Muhammadiyah Padati Pelataran STKIP Laksanakan Sholat Idul Adha
Watampone,BW - Ribuan warga Muhammadiyah kabupaten Bone melaksanakan ibadah sholat idul adha  Sabtu, (04/10/2014 M) bertepatan pada tanggal 10 dzulhijjah 1435 H di pelataran Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone jalan Abu DG Pasolong kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang.

Sholat idul adha dipimpin oleh Wakil Ketua Muhammadiyah Ambbo rampe, dan yang bertindak sebagai khatib yaitu Muhammad Yahya. dalam khutbahnya muhammad yahya menghimbau kepada jamah agar bisa mewarisi sifat Nabi Ibrahim yang relah mengorbankan anaknya untuk disembeli karena perintah Allah.

" dalam perayaan idul adha kali ini, bagaimana kita bisa mewarisi keikhlasan nabi ibrahim yang rela mengorbankan anaknya karena melaksanakan perintah Allah, begitupula kepatuhan seorang anak Ismail yang rela dikorbankan" ungkap muhammad Yahya dalam khutbahnya.

terlihat Jamah sangat khusyu melaksanakan sholat i'ed walaupun panas terik matahari seakan menyayat dikulit. dan tidak sedikit jamaah meneteskan air mata mendengar khutbah yang menceritakan pengorbanan sang ayah.

Sholat idul Adha kali ini bukan hanya dikuti oleh warga muhammadiyah melainkan dikuti  oleh sejumlah kalangan yang bukan merupakan warga muhammadiyah. Seperti halnya Ramli (35) Warga jalan Gunung Kinibalu mengikuti Muhammadiyah karena mengikuti jadwal wukuf di mekkah.

" saya bukan orang muhammadiyah, tapi kali ini saya ikut lebaranya, karena orang dimekkah suda wukuf hari jum'at jadi kita suda lebaran hari sabtu" ungkap ramli.

Pelaksanaan perayaan idul Adha kali ini muhammadiyah berbeda dengan penetapan pemerintah, dimana pemerintah melalui sidang itsbat beberapa hari yang lalu dengan memakai sistem rukyat memutuskan 10 dzulhijjah 1435 H jatuh pada tanggal 05 oktober 2014. Muhammadiyah yang menggunakan sistem hisab  memutuskan hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1435 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 4 Oktober 2014 .

perbedaan penetapan jadwal lebaran antara muhammadiyah dengan pemerintah merupakan hal yang lumrah, pasalnya bukan kali ini muhammadiyah beda pendapat dengan pemerintah tentang menentukan hari lebaran, khusunya penentuan jadwal puasa, idul fitri dan idul adha.

setelah melaksanakan sholat i'ed, dilanjutkan dengan pemotongan tiga ekor sapi yang dilakukan oleh pihak STKIP yang akan dibagi-bagikan oleh kaum duafa.

" ini merupakan rutinitas kita tiap tahunya, setiap idul adha kita melakukan pemotongan sapi yang akan dibagi-bagikan kaum duafa" ungkap  Jufri Rasyid SE, M.Si Ketua STKIP Muhammadiyah Bone.

Laporan : La Rumpa