Tiap Golongan Darah Punya Masalah Kesehatan Sendiri, Mana yang Milik Anda? -->
Cari Berita

Tiap Golongan Darah Punya Masalah Kesehatan Sendiri, Mana yang Milik Anda?

Golongan darah merupakan salah satu dari taksonomi misterius dalam tubuh, yang terdiri dari golongan darah A, B, AB dan O. Nah, studi mengungkapkan bahwa masing-masing dari tipe tersebut memiliki pola kesehatan masing-masing.

Oleh sebab itu, para ahli juga berpendapat perbedaan tersebut membuat masing-masing tipe memiliki risiko masalah kesehatan tersendiri. Berikut seperti dirangkum oleh detikHealth dari berbagai sumber pada Senin (29/9/2014):

1. Golongan darah AB: Gangguan memori

Riset yang dilakukan oleh Dr Mary Cushman dari University of Vermont College of Medicine, AS, menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah AB lebih mungkin untuk mengidap masalah berpikir dan memori dibandingkan dengan kelompok golongan darah lainnya.

Dalam studi ini mereka menganalisis data 30.000 warga AS berusia 45 tahun ke atas selama tiga tahun. Setelah data dianalisis, sekitar 495 partisipan mengidap masalah kemampuan kognitif seperti kemampuan berpikir dan memori. Golongan darah 495 orang tersebut kemudian diperiksa dan dibandingkan dengan 587 partisipan lainnya yang tidak mengalami gangguan kognitif.

Setelah berbagai faktor partisipan disesuaikan seperti usia, ras, jenis kelamin dan wilayah geografis, mereka yang memiliki golongan darah AB 82 persen lebih mungkin untuk memiliki gangguan kemampuan berpikir dibandingkan dengan golongan darah O yang lebih umum.

2. Golongan darah A, B dan AB: Kanker pankreas


Ilmuwan mengatakan bahwa mereka dengan golongan darah O memiliki risiko yang lebih rendah untuk kanker pankreas. Dalam penelitian yang dilakukan pada Juli 2014 silam, ilmuwan dari University’s Cancer Center mengkaji kasus spesies umum dari bakteri Helicobacter pylori atau H. pylori, yang hidup dalam usus manusia.

Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan H. pylori secara bermakna lebih mungkin untuk mengembangkan kanker pankreas. Nah, antigen A dan antigen B membantu perkembangan bakteri tersebut. Tidak memiliki antigen pada permukaan sel darah merah mereka, orang dengan golongan darah O memiliki risiko yang lebih sedikit.

3. Golongan darah AB: Penyakit jantung


Hasil penelitian para ahli dari Harvard School of Public Health di Boston menunjukkan, golongan darah AB punya risiko sakit jantung 23 persen lebih tinggi dibanding golongan darah O. Golongan B lebih tinggi 11 persen, sementara A lebih tinggi 5 persen.

Temuan ini terungkap setelah para ahli melakukan pengamatan terhadap 62.000 perempuan selama 26 tahun dan 27.400 laki-laki dalam kurun waktu 24 tahun. Dari sekian banyak yang diamati, sedikitnya ada 2.500 orang yang kemudian mengalami sakit jantung.

4. Golongan darah A: Stres


Peneliti mengungkapkan bahwa orang dengan golongan darah A memiliki tingkat hormon kortisol, yang merupakan hormon stres, lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Orang dengan golongan darah A juga dilaporkan lebih cepat cemas dan kesulitan dalam fokus menyelesaikan masalah.

Oleh sebab itu, mereka disarankan untuk melakukan berbagai latihan yang dapat mengurangi efek stres seperti yoga, joging atau senam aerobik. detik.com