Masa Ta'ruf (MASTA) Pintu Gerbang Mahasiswa Baru -->
Cari Berita

Masa Ta'ruf (MASTA) Pintu Gerbang Mahasiswa Baru

Dosen  Memberikan Selayang pandang
 Perguruan Tinggi Kampus STKIP
Di Aula Andi Abdullah
Memasuki gerbang Perguruan Tinggi sebagai mahasiswa baru itu bukan sekedar melewati tes yang diajukan oleh pihak perguruan tinggi. Tetapi memiliki  beberapa tahap jika dinyatakan lulus tes maka berhak dinyatakan sebagai mahasiswa baru dalam Perguruan Tinggi. Salah satunya yaitu kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) dan di perguruan tinggi STKIP Muhammadiyah Bone dikenal dengan masa ta'ruf (MASTA).

Kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahunnya dimana dalam mengenalkan Perguruan Tinggi lebih dekat kepada para calon mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kenangan yang tidak pernah terlupakan untuk memasuki Perguruan Tinggi. Masta di Perguruan Tinggi memberikan moomentum yang bersejarah bagi para calon mahasiswa.

MASTA yang dilakukan di Perguruan Tinggi selalu diwarnai dengan lelah dan aktivitas yang berat karena dalam memperkenalkan kampus memberikan hal yang menarik seperti membuat topi kerucut, membuat papan nama di badan serta membuat dasi dari pete dan lainya

Kegiatan MASTA juga bukannya untuk memperkenalkan kampus tetapi juga mempertemukan teman baru dari jurusan yang berbeda. Kegiatan ini juga memberikan motivasi agar selalu aktif dalam menjalankan aktivitas Kampus dan memberikan bekal sebagai pembalajaran untuk menjadi manusia yang ideal.

Namun, MASTA juga bisa dikatakan sebagai ajang balas dendam bagi senior. Biasanya Masa ta'ruf ini memberikan kesan yang buruk bagi calon mahasiswa. Tentu saja, banyak fakta yang terjadi di Perguruan Tinggi yang memberikan cerita buruk pada institusinya. Para senior yang memberikan aktifitas yang berat membuat para calon mahasiswa gerah dengan keadaan tersebut sehingga banyak fisik dan mental menjadi buruk.

Hal itu yang dilakukan di Perguruan Tinggi (PT) Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone Tahun Akademik 2014/2015 sebnyak 7 Program studi di mengikuti Masa ta'ruf selama dua hari di Aula Andi Abdullah STKIP Muhammadiyah Bone Tanggal 10 -11 Sptember

Ketua Panitia Pelaksana Masa'Ta'ruf mahasiswa Baru Hasanuddin S.pd, M.Pd yang di temui Bugis Warta mengatakan bahwa masta dilaksanakan selama dua hari dengan di ikuti oleh 400 mahasiswa Baru kampus 1 STKIP dibagi Tuju Prodi

"Masta ini dilaksanakan selama dua hari di berikan materi mengenai orientasi kampus sampai pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STKIP Muhammadiyah Bone" ungkapnya

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua IV STKIP Drs. badaruddin Baso bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari di berikan beberapa materi. 

"Materi yang diberikan diantaranya Selayang pandang Kampus STKIP, Manajemen Belajar mahasiswa, Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Amal Usaha (AUM) sistem akademik, administrasi keuangan, pembianaan Lembaga kemahasiswaan dan kemuhammadiyaan serta ta'ruf organisasi" ujarnya.

Laporan La Barakka