Jangan Meniup Makanan Dan Minuman Saat Panas -->
Cari Berita

Jangan Meniup Makanan Dan Minuman Saat Panas

Ilustrasi
Penulis : Awint Mawardhy, Kabupaten Barru

Sebagian besar orang selalu meniup makanan dan minuman pada saat panas, alasannya supaya segera di konsumsi. Itu adalah hal yang sangat umum yang dilakukan oleh masyarakat. Alasan lainnya supaya gigi kita tidak cepat rusak karena makanan yang panas. ( nasehat orang tua kita jangan makan makanan yang panas Karena akan merusak gigimu)

Hal yang sepele pun yang sering kita lakukan, dalam hal ini meniup makanan dan minuman yang masih panas ternyata bisa berbahaya bagi tubuh kita. pada dasrnya meniup makanan dan minuman panas sebelum kita mengkonsumsinya memang dilarang dan tidak dianjurkan oleh rosul.

Dari Asma Binti Abu Bakr, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “ Sesungguhnya makanan yang sudah tidak panas itu lebih besar berkahnya”. (HR Hakim no 7124. Hakim mengatakan hadits shahih sesuai dengan kriteria muslim ”.pernyataan beliau ini disetujui oleh Adz Dzhabi. Hadits diatas dimasukkan oleh Al Albani dalam silsilah shahihah jilid 1 bag 2 no hadits 392).

Dari Abu Hurairah, beliau mengatakan, “ makanan itu belum boleh dinikmati sehingga asap panasnya hilang”. (Silsilah shahihah jilid 1 bag 2 hal 748).

Dari beberapa uraian hadits bahwasannya meniup makanan dan minuman yang masih panas tidak dianjurkan oleh Rasulullah SAW. lantas  bagaimana bahaya meniup makanan dan minuman yang masih panas? Setelah diteliti bahwa manusia bernapas dengan menghirup O2 atau dikenal sebagai oksigen dan kemudian kita menghembuskan CO2 atau biasadisebut karbondioksida dan otomatis kita meniup makanan tentunya kita mengeluarkan adalah gas CO2, kemudian makanan dan minuman panas mengeluarkan uap air H2O. Dan apabila CO2 dan H2O  menyatu maka akan menghasilkan senyawa asam karbonat (H2CO3). Zat asam inilah yang berbahaya bila masuk dalam tubuh

kedalam tubuh. Jika tubuh kita terus menerus menghasilkan banyak asam, maka akan terjadi yang namanya asidosis berat. Asidosis artinya keadaan dimana darah terlalu banyak mengandung asam. Nah, sejalan dengan asidosis yang berat, maka penderita mulai merasakan kelelahan yang luar biasa, rasa mengantuk, semakin mual dan menglami kebingungan. Bila asidosis semakin hari semakin memburuk tekanan darah dapat turun, menyebabkan syok, koma dan bahkan kematian.

Dari sini semakin jelas hikmah dari larangan Rasulullah SAW meniup makanan dan minuman yang masih panas. Jadi lebih baik kita tunggu makanan dan minuman sampai dingin ketika ingin mengkonsumsinya. Mari kita ikuti sunnah rasulullah SAW agar supaya selamat dunia dan akhirat.

Editor Al-Khair Mabbarakka