Obat Tradisional Colli Jampu (Daun Jambu Biji ) -->
Cari Berita

Obat Tradisional Colli Jampu (Daun Jambu Biji )

Daun Jambu
Oleh : Al-Khair Mappajanci

Daun Jambu Biji (Colli Jampu) khususnya masyarakat Bugis memiliki banyak mamfaat untuk kesehatan, dan ini biasa di gunakan oleh orangtua sebagai obat tradisional  saat sedang sakit, olehnya itu mari kita simak tulisan singkat ini sebagai salah satu referensi dan semoga bermamfaat apalgi khusus di indonesia dan masyarakat bugis daun jambu biji mudah kita temui.

1.  Obat Diare

Saat kita sakit diare (joli-joli bahasa bugis) salah satu obat yang di berikan oleh orang tua adalah colli jampu (pucuk daun jambu) yang di kunyah dan di telan airnya kemudian di ampasnya di oleskan di perut. dapat juga  dimakan secara langsung daun yang masih muda, atau bahkan dapat meraciknya menjadi sebuah ramuan. Caranya, siapkan bebrapa  lembar 5,6,7 dan 9 angka ganjil  daun jambu biji, kemuadian tumbuk dan beri 1 cangkir air matang. Peras, minum airnya. Minumlah secara rutin 2 kali sehari hingga diare sembuh.

2. Mengobati Maag

Tidak sampai disitu, manfaat daun jambu biji tenyata juga mampu untuk mengobati maag. Caranya, siapkan beberapa lembar daunya (ingat angka ganjil) daun jambu biji. Rebus dengan 1,5 liter air. Kemudian minum secara rutin 3 kali sehari dan tentunya bacakan Bismillah dan sholawat kepada Nabi.

3. Mengobati Luka

Daun jambu biji ternyata mampu dijadikan sebagai obat penyembuh luka. Diyakini daun jambu biji mengandung astringent yang mampu menghentikan pendarahan. Caranya, kunyah sampai lumat 3 pucuk daun jambu biji. Kemudian tempelkan pada luka.

4. Mengobati keputihan

Keputihan sering dialami oleh sebagian wanita. Jika anda termasuk salah satunya, cobalah untuk mengobati keputihan anda menggunakan ramuan daun jambu biji. Caranya cukup mudah. Rebus dua genggam daun jambu biji bersama 7 helai daun sirih dengan segelas air. Saring, dan minum. Minumlah secara rutin 2 kali dalam sehari.

5. Mengobati ambeien

Ambeien adalah salah satu penyakit yang sangat merepotkan. Bahkan terkadang membuat sebagian orang yang mengalaminya merasa terganggu dalam beraktivitas. Jika anda salah satu yang mengalaminya, cobalah mengobati ambeien anda dengan menggunakan daun jambu biji. Caranya, tumbuk daun jambu biji muda bersama dengan pisang batu. Anda dapat meminum air perasannya secara rutin hingga ambeien anda terobati.

6. Mengatasi jerawat dan komedo

Ternyata ada hal menarik yang bisa anda dapatakan dari daun jambu biji. Manfaat daun jambu biji untuk wajah ini ternyata sudah tidak diragukan lagi. Caranya pun sangat mudah. Cukup tumbuk daun jambu biji yang masih muda, kemudian oleskan pada pada wajah yang memiliki jerawat dan komedo. Hasilnya, komedo dan jerawat hilang, wajahpun menjadi mulus.

Tiap-tiap penyakit pasti ada obatnya, olehnya itu mari kita terus bejalar-dan berbagi kepada sesama karena ilmu yang tidak dibagi kepada sesama ibarat sebagi pohon yang tidak berbuah. (*)