Mappadomeng Sebagai Ajang Silahturrahmi -->
Cari Berita

Mappadomeng Sebagai Ajang Silahturrahmi

Oleh :Farhan

Salah satu agenda kegiatan yang umumnya dilakukan satu malam sebelum pesta pernikahan yang ada di Bone adalah melakukan agenda 'Mappaddomeg' atau secara harfiah berarti 'turnamen domino'.

Disisi lain Mappadomeng dapat dimaknai sebagai ajang Silaturahmi, salah satu contohnya pada pesta pernikahan di Desa Maccope Kecamatan Awampone, Minggu, 10 Agustus 2014 lalu.

Dari pantauan penulis, kesan yang terlihat dalam kebersamaan dan kekompakan para warga kampung setempat,   rata-rata penduduk warga Desa Maccope dan desa Pappolo yang ada di sebelah desa ini beramai-ramai turun berpartisipasi dalam acara Mappadomeng tersebut.

Bahkan, dalam turnamen tersebut sangat luar biasa dan sangat di kagumi oleh warga setempat, karna bukan hanya warga penduduk Maccope dan Pappolo yang turun berpartisipasi.

Penyelenggaran Mappadomeng ini di laksanakan di balai pertemuan setempat. bahkan, warga penduduk kampung Maccope diperkirakan mencapai 85% yang ikut  meramaikan turnamen domino tersebut, dan  adapun beberapa dari warga penduduk lain umumnya berasal dari beberapa daerah, dari penelusuran penulis, peserta mappadomeng ini ada yang berasal dari Desa ureng,Ulaweng Cinong,Lamuru,Mare, yang jaraknya cukup jauh dari Maccope

Pesertanya tak hanya didominasi kaum lelaki, penulis juga menemukan kaum Ibu-ibu ikut memeriahkan dalam Mappadomeng tersebut, sehingga kegiatan ini sangat kental menjadi ajang silahturrahmi di Bone khususnya di desa Maccope.

"Kegiatan kita buat dari warga setempat yang didukung, dan Mappadomeng dipilih sebagai ajang mempererat tali slahturrahmi karna permainan ini sudah populer di masyarkat sini" kata Saimuldin, penyelenggara kegiatan.

Untuk memotivasi para peserta yang ikut kegiatan Mappadomeng tersebut, berbagai hadiah pun di sediakan. Mulai dari Handphone, Kipas, Baju dan clana Levis. Hadiah itu didapatkan dari uang pendaftaran peserta dan sumbangan dari berbagai pihak.

Editor : A.W. Makkelori