Disbudpar Bone Maksimalkan Objek Wisata Daerah -->
Cari Berita

Disbudpar Bone Maksimalkan Objek Wisata Daerah

Untuk meningkatkan pendapatan daerah dan memperkenalkan kabupaten Bone melalui bidang pariwisata,  Dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Bone fokus rehabilitasi perbaikan sarana dan pra sarana lokasi atau obyek pariwisata yang ada di Kabupaten Bone, hal tersebut bertujuan menarik wisatawan domestik dan mancanegara.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Bone, A Sadli Rasyid, saat ditemui di rumah jabatan Bupati Bone, Dia mengatakan agar Kabupaten Bone lebih dikenal khususnya pada wisatawan maka sebelumnya harus membenahi dan memperbaiki sarana dan prasarana obyek wisata.
"Saat ini kami fokus untuk rehabilitasi dan perbaikan fasilitas objek wisata termasuk melakukan  pendataan obyek-obyek yang dapat dijadikan obyek wisata," ujar A Sadli.
Bahkan salah satu usaha yang dilakukan dinas pariwisata saat ini adalah memaksimalkan dan mengelola objek wisata  pantai Tete di Desa Bone Pute, Kecamatan Tonra,

Walau objek wisata pantai tersebut cukup ramai dan dikenali warga, hanya saja karena objek wisata pantai tersebut selama ini jadi latihan rawa laut TNI  dan saat ini sementara diupayakan agar untuk dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone.
"Disini Kami akan melobi Dandim, bahkan kalau perlu sampai Pangdam. agara objek wisata tersebut bisa dikelola pemda,  Ini sudah kami bicarakan dengan pak bupati. harapan kami segera ada hasilnya," tuturnya.
Selain itu, Andi Sadli juga mengatakan saat ini, Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Bone, akan mengoptimalkan salah satu obyek wisata baru yang ada di Desa Barebbo, Kecamatan Barebbo.
Obyek wisata itu berupa sumur tua yang mitosnya diyakini warga setempat dapat mengobati penyakit masyarakat, sumur itu sendiri diketahui adalah salah satu sumur peninggalan kerajaan pada masa Arung Palili di Kerajaan Barebbo, yang terletak di desa Barebbo Kecamatan Barebbo
Tak jauh berbeda, menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Obyek Daya Tarik Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bone, A Muh Faisal Abdullah mengatakan bahwa di tahun ini ada beberapa obyek wisata dan tempat bersejarah yang akan di revitalisasi dan di renovasi,
" Untuk tahun ini akan dilakukan renovasi museum Lapawawoi Karaeng Sigeri yang terletak di Kelurahan Manurunge, Keamatan Tanete Riattang, Gua Mampu di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe dan permandian air panas di Desa Waetuo, Kecamatan Kajuara," tuturnya.
Andi Faisal juga menjelaskan kalau dana revitalisasi museum Lapawawoi Karaeng Sigeri itu sekitar 2 M dari APBN, yang merupakan dana dekon tugas perbantuan dari Kementerian Pendidikan Nasional.
"Rehabilitasi Gua Mampu sekitar Rp 250 juta dari dana APBD, untuk memperbaiki atau membenahi tempat peristirahatan di objek wisata itu. Sedangkan permandian air panas, sekitar Rp 90 juta dari APBD juga untuk membenahi lantai dengan pemasangan tegel permandian tersebut," pungkasnya.