Daung Sarakaja (Daun Sirsak) Serta Mamfaatnya -->
Cari Berita

Daung Sarakaja (Daun Sirsak) Serta Mamfaatnya

Daun Sirsak
Penulis : Al-Khair Mappanji, Watampone

Daung Sarakaja (bugis) atau Daun Sirsak ternyata memiliki mamfaat, bagi masyarakat bugis daun sirsak biasa digunakan saat pegal-pegal, demam dan lainnya atau ada penyakit dalam istilah bugis arukeng (di sentuh oleh jin sehingga kita jadi sakit apakah itu diakibatkan karena tidur atau pernah lewat di tempat yang angker.

Caranya mengambil pucuk daun sirsan dengan mappesabbi lao ri puang Allah Ta'ala (membaca basmalah) kemudian daunya di urutkan kepada bagian yang sakit apakah itu leher atau punggung

Kemudian setelah melakukan penelusuran  ternyata daun sirsak juga biasa digunakan untuk mengobati penyakit yang lain seperti:

Mengobati Kanker

Caranya : Ambil 10 lembar daun sirsak yang tua direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas, minum 2 kali setiap hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi bahkan lebih berkasiat karena hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal.

Obat Asma dan Sesak Napas

Siapkan 7 daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut-semut rang-rang. Kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai kurang lebih setengah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.

Mengobati Bisul

Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai lalu tempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.

Obat Batuk Ringan

Untuk obat batuk ringan, siapkan 7 lembar daun sirsak muda. Remas dan tampung airnya. Minum setiap pagi sebelum manyantap apapun.

Mengobati Eksim dan Rematik

Remukan beberapa lembar daun sirsak sampai halus dan letakkan atau tempelkan di bagian yang sakit sampai tidak terasa sakit lagi, biasanya harus dilakukan hingga beberapa hari.

Semoga Bermamfaat "setiap penyakit pasti tuhan menyiapkan juga obatnya, olehnya itu teruslah berusaha dan jangan berdiam diri"

Penggunaan Obat tradisional hingga saat ini mulai berkurang apalagi pemerintah sudah memiliki program kesehatan gratis.(*)