Sikapi Corona, Ini Himbauan Heri Gunawan Untuk Warga Sukabumi

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Heri Gunawan
Bugiswarta.com Sukabumi -- Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Heri Gunawan memberikan himbauan kepada warga Sukabumi mengenai keresahan masyarakat akan penyebaran Covid-19. Hal itu ia sampaikan melalui keterangan tertulisnya kepada Bugiswarta.com, Senin 16 maret 2020.

Legislator Senayan ini juga mengimbau agar warga Sukabumi untuk tidak panik dan tetap tenang, serta meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) termasuk rumah sakit lebih waspada serta proaktif dalam menangani dan pencegahan covid-19.

"Terpenting, dapat membendung penyebaran virus korona. Juga, mematuhi kebijakan pusat seperti libur 14 hari hanya saja tak banyak orang tahu akan himbauan itu," kata Heri Gunawan

Ia menjelaskan, libur 14 hari tersebut sebetulnya untuk memotong rantai penularan korona. Istilahnya masa inkubasi, yakni waktu yang dibutuhkan virus untuk berkembang sehingga dapat menimbulkan gejala pada orang yang terjangkit. Artinya, orang yang tertular virus tidak langsung menimbulkan gejala-gejala tertentu. Orang tersebut akan terlihat biasa saja, sebagaimana orang sehat lainnya. Padahal di dalam tubuhnya terdapat virus.

"Menurut WHO, virus Corona memiliki masa inkubasi selama 1-14 hari. Oleh sebab itu, penting dilakukan isolasi selama 14 hari untuk menyelesaikan masa inkubasi tersebut. Sehingga setelah masa isolasi berakhir, orang-orang yang terindikasi terjangkit virus sudah menunjukkan gejala dan mudah dideteksi,”Ungkap Hergun


Seandainya semua orang masih berkeliaran bebas ketika virus Corona merebak, bisa jadi banyak "penularan tanpa disadari. Orang-orang yang terjangkit virus Corona dan sedang dalam masa inkubasi tidak mengetahui kalau dirinya positif Corona, lalu menularkan kepada orang di sekitarnya.


Waktu 14 hari itu, berguna untuk saling pantau, jika ada orang yang menunjukkan gejala-gejala menderita serangan Covid -19, bisa segera ditangani dan penularan disetop hanya pada dia, karena dia tidak kontak dengan orang lain dalam 14 hari itu.

“Perlu dicatat, bahwa libur 14 hari ini bukan berarti bebas bepergian atau berlibur. Libur 14 ini digunakan untuk diam di rumah atau di lingkungan sekitar tanpa berinteraksi dengan orang banyak. Hal ini terkadang disalah artikan,” bebernya.

Untuk itu, semua orang harus bekerja sama, semua warga Indonesia harus membantu mengingatkan, warga harus kompak, dan patuh untuk tidak kemana-mana dalam 14 hari itu kecuali untuk hal yang sangat perlu.
 Sebaiknya masyarakat umum turut melakukan gerakan masif sadar Corona. 

"Sehingga semua lini masyarakat dapat terpantau dengan baik. Pada akhirnya, peran kesadaran masing-masing individu menjadi sangat penting dalam menanggulangi wabah ini. Mari tingkatkan kesadaran dan lakukan gerakan peduli terhadap orang-orang di sekitar kita. Jangan sampai orang terdekatmu turut terjangkit." tambahnya
Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment