Peserta PBL 1 FKM UPRI Gelar Seminar Hasil Identifikasi Masalah

Bugiswarta.com, Makassar, -- Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang Republik Indonesia (FKM-UPRI) Peserta pengalaman Belajar Lapangan (PBL) I (satu) gelar kegiatan seminar hasil di Aula Kantor Kecamatan Pangkajene pada tanggal 05 Maret 2020. 

Kegiatan ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat yang berasal dari dua kelurahan yaitu Jagong dan Mappasaile serta perangkat pemerintah kelurahan maupun kecamatan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Perwakilan camat Kecamatan Pangkajene.

PBL merupakan kegiatan mahasiswa dalam menerapkan teori yang didapatkan di kampus kepada masyarakat. PBL yang dilakukan di Kelurahan Jagong dan Mappasaile Kecamatan Pangkajene merupakan kegiatan yang berkelanjutan sampai 4 tahapan. Pada PBL 1 ini merupakan tahap perkenalan sekaligus pengidentifikasian masalah kesehatan. 
“Kegiatan PBL 1 yang singkat ini masih jauh dari ekspektasi masyarakat untuk mengatasi persoalan tersebut, namun dengan kehadiran mahasiswa diharapkan menjadi pembuka "keran" agar partisipasi masyarakat semakin meningkat dalam mengatasi masalah kesehatan”. Ungkap Abdul Gafur, SKM, M. Kes selaku Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat yang juga hadir pada seminar ini. 

Seminar hasil tingkat kecamatan yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan hasil temuan berdasarkan wawancara langsung di masyarakat dengan mengambil beberapa sampel, hasil wawancara tersebut kemudian dipaparkan kepada masyarakat dan tokoh masyarakat serta pemerintah setempat. 

“Hasil temuan kami di masing-masing kelurahan memiliki kesamaan masalah kesehatan seperti ketersediaan jamban, pengelolaan sampah dan ketersediaan air bersih” Ungkap Dewi Septia Eating Bantoto selaku perwakilan mahasiswa yang melakukan presentasi hasil.

Pihak Kecamatan Pangkajene juga sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa dalam kegiatan ini. “Data ini dapat dijadikan sebagai modal besar dalam melakukan perencanaan program kerja serta pengambilan kebijakan”. Ungkap Drs. Khairul Azwar, M. Si yang merupakan perwakilan camat yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar hasil tersebut.

“kami sangat berterima kasih kepada pihak warga yang telah menerima kami dengan sangat baik dan ramah terkhusus kepada Lurah Mappasaile dan Lurah Jagong yang senantiasa mendampingi kami serta memberikan masukan yang positif kepada kami. Semoga pada kegiatan PBL 2 berikutnya kami dapat diterima kembali di kelurahan Jagong dan Mappasaile” Harap koordinator Kecamatan PBL I di Kecamatan Pangkajene Doni Mardiyanto

(Noviana Bora/Usman)
Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment