Hadapi Corona, NCID : Ini Tugas Berat Bangsa Indonesia

Bugiswarta.com, Jakarta -- Direktur eksekutif nurjaman center Indonesia demokrasi (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan dalam menghadapi situasi darurat penyebaran Covid-19 salah satu tugas berat daripada pemerintah saat ini adalah mendisiplinkan warga negara supaya mau mengikuti semua anjuran yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. 

Pasalnya, belum adanya pemahaman secara menyeluruh di masyarakat tentang bahayanya penyebaran Covid-19 ini menjadi salah satu penyebab gagalnya pemerintah mendisiplinkan warga negaranya.

"Masih banyaknya warga yang kurang peduli terhadap bahayanya situasi ini diperlukan suatu kondisi agar segala informasi bisa diterima langsung masyarakat, untuk itu sebaiknya pemerintah dalam melakukan sosialisasi menggandeng institusi lain termasuk Media, LSM dan Pemuka Agama agar memberikan pemahaman kepada masyarakat", tutur Jajat.

Jajat menilai, sejak negara ini berdiri warga negara kita sudah terkenal dengan asas kebersamaan dan gotong royongnya, tugas memerangi penyebaran Covid-19 harus ada kesadaran dari semua pihak mengingat ini sangat penting sebelum bertambah parah.

Namun pemerintah juga perlu memberikan solusi tentang kondisi ekonomi rakyat yang selama ini bergantung kepada aktivitas di luar ruangan sehingga tidak ada lagi alasan untuk melakukan aktivitas diluar.

"Di Masa sulit seperti sekarang ini, meskipun informasi berkembang cukup pesat namun masih banyak masyarakat yang secara terpaksa melawan arus, saya kira poin pentingnya perlu ada kebijakan baru dari pemerintah selain mendorong agar informasi tentang bahaya covid-19 ini dilakukan secara masif, solusi tentang bagaimana mengatasi masalah nasib rakyat yang menggantungkan nasibnya bekerja diluar ruangan juga harus dipikirkan solusinya", tutup Jajat.
Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment