Soal Budidaya Lobster, Effendi Gazali Sindir Susi Pudjiastuti -->
Cari Berita

Soal Budidaya Lobster, Effendi Gazali Sindir Susi Pudjiastuti

Bgiswarta.com, Jakarta -- Effendi Gazali melontarkan kritikan kepada mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti. Kritikan ini karena Peraturan Menteri atau Permen Nomor 56 Tahun 2016 yang diterbitkan era Susi dinilai berdampak terhadap budidaya losbter.

Effendi menyampaikan ini dalam diskusi 'Melawan Logika Sesat tentang Lobster Apa Adanya' di Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020.

DIa menyindir permen era Susi saat menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan itu justru membuat kepunahan lobster. Alasannya, dengan permen tersebut tak mengizinkan budidaya lobster.
"Lobster hanya boleh diambil dari alam tidak dalam keadaan bertelur dengan ukuran panjang karapas di atas 8 cm, atau berat di atas 200 gram per ekor," kata Ketua Komisi Pemangku-Kepentingan dan Konsultasi Publik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP2-KKP)  Effendi dalam keterangannya, Kamis, 20 Februari 2020.
Dia heran dengan kebijakan Susi tersebut. Ia mencontohkan seperti lobster jenis mutiara pertama kali matang telur memiliki kondisi dengan berat di atas 700 gram per ekor.

Namun, jika diperbolehkan diambil pada ukuran di atas 200 gram per ekor maka yang ada akan percepat kepunahan terhadap lobster.

"Apa artinya permen 56 ini yang justru mendukung kepunahan lobster mutiara. Dia tidak boleh dibudidaya, dan diambil dari alam sebelum dia bisa bertelur," ujarnya.

Dia juga heran dengan adanya isu negara lain juga tak membudidayakan lobster karena hanya dibiarkan dipelihara alam. Setelah itu, diambil jika lobster sudah besar. Pandangan ini dianggapnya keliru dan gagal paham.

Bagi Effendi, persepsi tersebut tak sesuai dengan survei dirinya yang langsung berkunjung ke Australia dan Vietnam. Kata dia, dua negara itu faktanya berhasil menerapkan budidaya. Ia pun meminta agar isu lobster ini bisa dilihat secara jernih.

"Sektor budidaya harus didorong karena survival rate dari benih lobster adalah 1 banding 10.000 di daerah sink population. Angka ini hanya 1 banding 1000 di daerah non sink population," jelasnya.