PWM Bengkulu Sikapi Risalah Pembaharuan Pengkaderan Muhammadiyah

Bugiswarta.com, BENGKULU -- Rapat Koordinasi Nasional  Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah digelar di Bengkulu 7-9 Februari 2020.

Peserta rakornas yang berasal dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Majelis Pendidikan Kader (MPK) se-Indonesia ini.

Menyepakati rekomendasi yang diberi nama Bengkulu Message Risalah Pembaharuan Pengkaderan Muhammadiyah terdiri atas lima point.

Seperti dilaporkan, Bendahara MPK PWM Sulsel, Sitti Chaerani Djaya dari Bengkulu, Ahad malam (9/2/2020).

Adapun kelima rekomendasi itu adalah, pertama, Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 telah menjadi keniscayaan, Muhammadiyah perlu menyiapkan sistem dan sumber daya agar tetap terdepan menjadi gerakan pembaruan.

Kedua, Kesiapan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan yang merdeka dan beradab dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai Al-Quran dan As-Sunnah 
Al-Maqbullah dalam rangka mengantarkan kader menjadi insan kamil, khaira ummah, menuju masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

Ketiga, Peningkatan budaya perkaderan dimulai dari perkaderan keluarga sebagai embrio sekaligus basis, dilanjutkan dengan perkaderan organisasi otonom, perkaderan di amal usaha Muhammadiyah, dan perkaderan Muhammadiyah. Model perkaderan itu perlu mendapat sambutan dan dukungan dari seluruh level dan jenjang Persyarikatan.

Keempat, Pimpinan Muhammadiyah terpilih dalam setiap jenjang permusyawaratan hendaknya adalah mereka yang memiliki komitmen dan mengawal gerakan kaderisasi. Hal ini dikarenakan perkaderan adalah inti organisasi, Sehingga setiap level kepemimpinan perlu diisi oleh kader yang memiliki visi dakwah islam amar ma’ruf nahi munkar, membangun, dan membesarkan Muhammadiyah.

Kelima, Muhammadiyah adalah harakah wasatiyyah yang berkemajuan bercirikan i’tidal, tawazun, tasamuh, syura, qudwah dan muwathonah. Dengan demikian, Muhammadiyah dapat mengingatkan peran dan kontribusi dalam ranah kebangsaan, kemanusiaan universal sebagai wujud kosmopolitanisme Islam.

Bengkulu Message menyepakati lima point seperti lima kelopak pada bunga refflesia arnaldo.

Para peserta MPK PWM Sulsel terdiri dari tiga orang yakni;  Ketua MPK, Husain Abdulrahman, Sekretaris MPK, Dahlan Sulaeman dan Bendahara MPK Sitti Chaerani Djaya. (yahya).
Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment