Politisi Muda Gerindra Harap KEK Likupang Topang PAD Sulawesi Utara -->
Cari Berita

Politisi Muda Gerindra Harap KEK Likupang Topang PAD Sulawesi Utara

Bugiswarta.com, Sulawesi Utara -- Politisi Muda Partai gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Moreno Soeprapto menilai banyak destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Utara yang belum dikenal banyak orang. 

Untuk itu, dia berharap pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang sebagai salah satu dari destinasi super prioritas di Sulut, dapat mengenalkan potensi wisata Sulut ke wisatawan mancanegara dan menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulut.

“Kita ketahui potensi wisata di Sulawesi Utara ini sangat bagus sekali, kenapa kita tidak ambil momentum mendatangkan wisatawan mancanegara, khususnya untuk meningkatkan pendapatan daerah. Ini waktu yang tepat untuk (potensi wisata) bisa dikembangkan lebih baik,” jelas Moreno usai pertemuan Tim Kunker Banggar DPR RI dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan sejumlah mitra kerja di Manado, Sulut, baru-baru ini.

Lanjut Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini, Pemerintah sedang menggenjot sektor pariwisata di berbagai wilayah Tanah Air. Selain pariwisata, ia juga mendorong adanya pelabuhan, baik niaga maupun non niaga seperti pengiriman peti kemas ke wilayah kepulauan maupun luar negeri, termasuk akses untuk kapal pesiar kepada turis, yang pada akhirnya bisa mendatangkan devisa bagi negara.

Dalam kesempatan itu, Moreno juga mendapat informasi bahwa setidaknya ada tiga ratus pulau di Sulut yang belum tersentuh fasilitas listrik untuk penerangan. 

“Saya sampaikan untuk dibuat kerja sama Pemerintah Daerah dengan PLN untuk segi penerangan, karena baru 50 persen pulau yang baru berpenduduk. Saya yakin, bila bisa dikembangkan Sulut mempunyai titik-titik destinasi pariwisata yang sangat menarik,” jelasnya.

Di sisi lain, legislator dapil Jawa Timur V itu juga mendorong Pemerintah Provinsi Sulut untuk bisa bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk melakukan penelitian di Sulut. 

“Karena pasti masih banyak sekali tumbuhan ataupun ataupun jenis-jenis ikan yang mungkin (hanya ada di Sulut), enggak ada di luar Indonesia,” tutupnya.

Sumber DPR RI