Strategi Mengajar Pakai Sentuhan Hati Nurani -->
Cari Berita

Strategi Mengajar Pakai Sentuhan Hati Nurani

Bugiswarta.com, MAKASSAR. Impian masa-masa  kecil di Bulukumba ingin jadi seorang dokter, tetapi perjalanan  waktu berbicara lain, malah Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar ini, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si menjadi dosen dengan gelar akademik selaku doktor ilmu administrasi publik dari PPs-UNM.

Alumni SMAN 1 Bulukumba 1998,  meniti karier selaku dosen ketika Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar mulai dibuka dan bersama beberapa dosen lainnya menjadi perintis pembukaan prodi baru ini tahun 2005.

Kepada media Sabtu sore (7/12/2019) di kampus Unismuh Makassar, Nuryanti menegaskan selama kurang lebih 14 tahun berkarier selaku dosen suka dan duka telah dijalani dalam mendidik dan mencerdasakan anak-anak bangsa.

Mahasiswa yang beragam latar belakang asal daerah, budaya, perilaku dan kebiasaan lain sehingga membutuhkan strategi tersendiri dalam menghadapi para mahasiswa tersebut.

"Menjalani proses pembelajaran menghadapi mahasiswa yang plural itu, maka strategi yang ditempuh adalah melakukan sentuhan nurani atau berkomunikasi secara empati dengan mengenal keluarga mahasiswa, teman-temannya serta lingkungan berinteraksi lainnya, "tandas Nuryanti.

Era milenial menuntut proses pembelajaran harus menyesuaikan diri dengan tantangan dan tuntutan era kekinian yang serba digital dan interkoneksi pada internet dan online.

Walau materi pembelajaran semunya dengan mudah dan cepat dapat diakses di internet, tetapi  pendidikan akhlak, budi pekerti dan karakter yang sulit di dapatkan lewat online, kata Sarjana Ilmu Pemerintahan Fisip Unhas ini.

Maka pada celah itu dituntut kehadiran sosok dosen untuk memberikan sentuhan, akhalkul karimah, budi pekerti,  disiplin, kejujuran, integritas, karakter  dan sejenisnya.
Pola pengajaran kepada mahasiswa dengan menyentuh secara emosional akan menghadirkan suasana komunikatif sehingga proses transper pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa akan berjalan secara baik dan akan mencapai sasaran secara tepat, ungkap Magister Ilmu Pemerintahan PPs-Unhas ini.

Peserta Sandwich  di Universitas Ohio  USA 2009 ini, sebelum mengajar di kelas mempersiapkan terlebih dahulu materi pembelajaran dengan membaca  buku teks, jurnal ilmiah dalam dan luar negeri terkait materi yang akan diajarkan,  serta berselancar di dunia maya mencari sebanyak mungkin materi yang akan didiskusikan dan diajarkan kepada para mahasiswa. (yahya)