Rektor Prof A Rahman Hadiri Pelantikan Pengurus IKA Unismuh Makassar Cabang Tarakan Kaltra -->
Cari Berita

Rektor Prof A Rahman Hadiri Pelantikan Pengurus IKA Unismuh Makassar Cabang Tarakan Kaltra

Bugiswarta.com, TARAKAN. Rektor Unismuh Makassar Prof Dr. H. Abdul Rahman Rahim,SE, MM, menghadiri pelantikan dan pegukuhan Pengurus IKA Unismuh Makassar Cabang Tarakan Kalimantan Timur, Kamis (26/12/2019) di Aula Pemerintah Kota Tarakan.

Pada saat pelatikan IKA Unismuh Makassar Cabang Tarakan ini dirangkaikan dengan Musyawarah Pimpinan Wilayah II Aisyiyah Kalimantan Utara.

Pada kedua acara itu Prof A.Rahman Rahim, memaparkan pokok pikiran dengan tema, Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Membangun Kemandirian dan Peradaban.

Rektor Unismuh Makassar Prof A.Rahman mengucapkan terima kasih kepada pengurus Aisyiyah Kaltara telah memberdayakan alumni Unismuh Makassar pada setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Para alumni itu termasuk tenaga siap pakai,  karena telah menjalani proses pembelajaran dan keterampilan dalam organisasi ekstra dan intera kampus sehingga mereka itu dapat diberdayakan pada setiap kegiatan, kata Ketua Pusat Kerukunan Keluarga Wajo (Kemawa) ini.

Dijelaskan, bangsa ini dalam kondisi kekinian, telah dikepung dengan berbagai persoalan yang rumit mulai dari masalah sosial, kenegaraan, korupsi dan KKN, ketertinggalan dari negara lain, eknomi, agama dan sebagainya.

Jalan keluar dari persoalan itu,  maka solusinya adalah meningkatkan mutu pendidikan melalui tiga langkah strategis, pertama  penekanan pedidikan dan pembelajaran dengan orientasi skill kebutuhan masa depan, kedua, penguatan pedidikan karakter serta ketiga pengembangan entrepreneurship, tegas Profesor pertama Dosen Tetap Yayasan Unismuh Makasar ini.
Mencapai ketiga hal tersebut maka harus dilakukan penguatan tata kelola lembaga pedidikan yang profesional, peningkatan SDM tenaga pendidik dan`sarana dan prasaraa pendidikan,pembiayaan, teknologi informasi, pembelajaran inovatif, kesejahteraan guru dan pegawai serta pemerataan pendidikan.

Dampak dari pencapaian ketiga komponen tersebut akan melahirkan kesejahteraan, kedamaian dan kemandirian serta dampak lainnya  adalah terwujudnya peradaban, nilai, seni budaya, iptek, sosial ekonomi, agama pada level tertinggi.
Doktor Ekonomi Islam PPs-Unair  Surabaya ini menambahkan, faktor memberi kontribusi kebehasilan dalam dunia kerja termasuk soft skill 40 persen, net working (30 persen), keahlian pada bidangnya (20 persen) serta financial (10 persen).

Pada acara pelantikan ini turut hadir Ketua DPP IKA Unismuh Makassar, Drs. H. Kamaruddin Moha, M.Pd serta anggota pengurus lainnya, Dr.Hj.Suada Rimang, M.Si, Jamaluddin, SE, MM, Syamsu Rizal, SE, MM dan Abdul Rasyid, SE. 

(yahya)