Dinas Capil Sulsel Gelar Pembinaan Ketahanan Keluarga di Lutra


Bugiswarta.com, Luwu Utara -- Dinas Kependudukan, catatan sipil, pengendalian penduduk, dan KB Provinsi Sulsel menyelenggarakan kegiatan pembinaan ketahanan keluarga Bina Kesehatan Balita, Remaja, dan Lansia di Kabupaten Lutra pada tanggal 17 September 2019. 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan kader dalam melakukan pendampingan kelompok tribina keluarga sejahtera diantaranya keterampilan komunikasi, kerjasama, pemahaman konseptual, pengenalan masalah, dan pengorganisasian kelompok. 

Kegiatan dihadiri oleh Kadis DukcapildaldukKB Provinsi Sulsel Ibu Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, MM dan Asisten 1 Kab Lutra sekaligus sbg plt. Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Bapak Jumal Jayair Lussa serta narasumber provinsi bapak Arlin Adam. 

"Peran kader dalam mengaktifkan kelompok-kelompok tribina sehingga dapat diwujudkan keluarga sejahtera melalui pengasuhan yang tepat bagi bayi, pembinaan remaja, dan pendampingan lansia,"ungkap Sukarniaty kondolele

Sementara itu, Bapak Jumal Jayair Lussa yang mewakili Bupati Lutra mengungkapkan bahaya narkoba yang marak di kalangan remaja mempengaruhi seluruh aspek kehidupan keluarga. 

"Kita mengharapkan agar kelompok BKR (Bina Keluarga Remaja) aktif memberikan penyuluhan kepada keluarga-keluarga sehingga para keluarga mampu untuk melindungi anggota keluarganya dari perilaku penyalahgunaan narkoba,"ungkapnya. 

Metode pembinaan dilakukan melalui diskusi interaktif dengan kader tentang kebutuhan yang diperlukan dalam mengatasi masalah-masalah lapangan yang dihadapi. Sebelum diskusi interaktif, para kader diberikan materi pengantar diskusi mengenai keterpaparan dan faktor resiko yang dihadapi oleh keluarga dalam menjalankan fungsi keluarga secara optimal. 

Melalui pembinaan ini, para kader memiliki penyegaran terkait dengan peran dan fungsinya di lapangan serta memiliki keterampilan praktis dalam memperlancar tugasnya sebagai fasilitator keluarga menuju keluarga bahagia dan sejahtera. Korespondensi

Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment