Ali Gufron Mukti: Calon Guru Besar Hindari Plagiarisme

BUGISWARTA.com, BATAM -- Bagi para calon  Guru Besar yang akan mengurus berkas administrasi meraih profesor agar memperhatikan integritas akademik dengan menghindari plagiarisme dalam menulis karya ilmiah.

Demikian penegasan Dirjen Sumber Daya Iptek (SDID) Kemenristekdikti, Prof Dr Ali Gufron Mukti, saat membawakan materi kepada peserta Rakerwil 2019 LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, di Nagoya Hill Hotel, Selasa (23/4/2019), lewat teleconference.
Dijelaskan, berkas jabatan fungsional guru Besar serta Lektor Kepala cukup banyak yang masuk di kantor, pada proses seleksi sering ditemukan karya plagiarisme dengan kasus bermacam-macam.
Agar kasus-kasus ini,  tidak selalu berulang para dosen harus senantiasa menjunjung dan mengedepankan integritas akademik, tegasnya.
Kesempatan itu juga diperjelas tentang jurnal ilmiah yang sudah tidak terindeks ccopus saat akan mengurus jabatan fungsional.
Ali Gufron tegasnya bahwa artikel ilmiah terpublikasi pada jurnal terindeks scopus pada masanya, dan ketika akan diurus jabatan fungsional tidak terakditasi lagi,  itu bisa dipakai sebagai salah satu persyaratan administrasi jabatan fungsional.
Kemenristekdikti akan menerapkan kebijakan bagi para Guru Besar dan Lektor Kepala harus lebih produktif dalam publikasi ilmiah, katanya.
Pada kesempatan itu Ali Gufron menantang para peserta Rakerwil LLDIKTI IX Sulawesi, untuk membuka prodi yang sangat dibutuhkan pada era diskruption, ungkapnya.
Apalagi tantangan banga kedepan aadalah kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, tandasnya.
Saat membawakan materi, moderator dalam Rakerwil 2019 LLDIKTI IX di Batam ini adalah, Prof Dr Hattah Fattah, MS.
Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si, pada akhir pemaparan materi Ali Gufron mengucapkan terima kasih.
Walau ditengah kesibukan tetapi masih meluangkan waktu memberikan materi dan pencerahan kepada peserta rakerwil.
Prof Jas, meminta kesediaan Dirjen Sumber Daya Iptek, Ali Gufron, untuk  melakukan teleconference dengan jajaran LLDIKTI IX  jika ada masalah yang butuh kejelasan dan pencerahan.
Pada kesempatan itu Ali Gufron menyatakan siap untuk kembali melakukan teleconference disesuaikan dengan waktu dan kesempatan, katanya.
Demikian Humas Rakerwil 2019 LLDIKTI IX Wilayah Sulawesi, Muhammad Yahya memberitakan. (ma’ruf)
Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment