Minta Legalkan Tambang, DPRD dan Dinas PUPR Bone Jadi Sasaran Demo Ribuan Penambang

Aksi Unjuk Rasa yang dilakukan Ribuan Penambang se-Kabupaten Bone
BUGISWARTA.com, BONE---Aksi damai yang dilakukan oleh ribuan penambang di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bone meminta agar lahan tambang yang dikelolah oleh masyarakat untuk dilegalkan, hal ini disampaikan oleh koordinator Asosiasi penambang se-Kabupaten Bone, Mukhawas pada saat orasi. Kamis 10 Januari 2019.

Dengan membawa ratusan truk, pengunjuk rasa meminta tambang galian C untuk mendapatkan ijin pengelolaan setelah beberapa waktu lalu tambang galian C yang dinilai tidak memiliki ijin operasi ditutup, hingga mengakibatkan ribuan pekerja menganggur.

Koordinator Aksi Mukhawas menyampaikan, aksi damai yang dilakukan oleh penambang menuntut kepada pemerintah Daerah untuk berupaya memberikan solusi kepada seluruh penambang agar mendapatkan ijin operasi.

"Tuntutan mereka hanya meminta kepada pemerintah terkait agar segerah meberikan legalitas kepada pengusaha tambng, agar ribuan pekerja tidak lagi kebingungan dan menjadi pengangguran," kata Mukhawas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang, Khalil Syihab mengatakan ia akan menerima semua tuntutan yang diajukan oleh penambang, namun kata khalil, tidak serta merta tuntunan harus terpenuhi karena ada aturan yang berlaku.

"Kami akan segera memproses semua tuntutan Pendemo, namun tidak serta merta disetujui, karena harus sesui dengan ketentuan yang berlaku,"kata Khalil.

Aksi damai yang dilakukan oleh penambang berjalan dengan baik tanpa ada kerusakan, namun ribuan penambang akan terus melakukan pemantauan terhadapa tuntutan yang mereka bawa, jika tidak direalisasikan penambang mengancam akan kembali turun aksi dengan membawa massa yang lebih banyak.(SHR-BW)
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.