Mengenang Malari, Seknas Prabowo - Sandiaga Gelar Diskusi Publik

Bugiswarta.com, Jakarta - Mengenang peristiwa 15 Januari 1974 atau yang lebih dikenal Malari, Kantor Seknas Prabowo – Sandiaga menggelar sebuah diskusi publik Topic of the Week bertajuk "Refleksi Malari: Ganti Nakhoda Negeri?". Diskusi ini digelar di kantor Seknas, Jakarta, Selasa, 15/1/2019.
Dalam dikusi ini tampil sebaai pembicara Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandiaga, Hidayat Nur Wahid, mantan Ketua MPR Amien Rais, mantan Mendagri Letnan Jenderal (Purn) Syarwan Hamid, dan mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli.
Peristiwa Malari, yang merupakan akronim MalapetaKA Limabelas Januari, adalah peristiwa demonstrasi mahasiswa dan kerusuhan sosial yang terjadi pada 15 Januari 1974. Laman Wikipediamenulis peristiwa itu terjadi saat Perdana Menteri (PM) Jepang Kakuei Tanaka sedang berkunjung ke Jakarta, 14-17 Januari.
Mahasiswa merencanakan menyambut kedatangannya dengan berdemonstrasi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma. Mahasiswa yang menyerukan anti modal asing itu gagal menerobos masuk bandara.
Paska peristiwa 15 Januari itu, sejumlah mahasiswa ditangkap dan lalu ditahan tanpa pengadilan. Mereka adalah Gumilang Kartasasmita, Hariman Siregar, Sekretaris Jenderal Dewan Mahasiswa UI Judilherry Justam, Sjahrir, dan puluhan aktivis dewan mahasiswa dari berbagai kampus.
Penangkapan mereka mengawali rangkaian operasi pembersihan atas pengacara, wartawan, aktivis buruh, politikus, dan tokoh masyarakat yang dinilai membangkang di awal konsolidasi kekuasaan Orde Baru. Tak kurang dari 775 orang ditahan pasca-Malari.
Sumber : Tempo
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment