Kisah : H.Arief Dg.Mattemmu, Merintis Perguruan Tinggi Dari Nol

Bugiswarta.com Makassar, Merintis pembukaan kampus STIKES Siti Fatimah Mamuju pada 2004, semuanya dimulai dari titik nol. Ruang perkuliahan dan proses  akademik lainnya menyewa gedung.

Selain itu juga  berpindah dari satu tempat ketempat lain,  dengan niat tulus ingin mencerdaskan anak bangsa khususnya putra-putri daerah Sulawesi Barat.

Pada  saat itu SDM dosen kami masih sangat minim sehingga pada  2010 saat akreditasi pertama masih mendapatkan status terakreditasi dengan nilai C.

Demikian Ketua Yayasan Pendidikan Nurul Fadillah Mamuju, H. Arif Daeng Mattemmu, SE, M.Kes yang mengelolah  Akper Fatima Mamuju serta STIKES ST. Fatima Mamuju, kepada Majalah CERDAS akhir Nopember 2018.

Perjalanan waktu menunjukkan titik pertumbuhan yang menggembirakan.  Dari tahun ke tahun kampus  ini terus berbenah baik dari segi sarana hingga pemenuhan SDM sesuai dengan standirisasi.

Di Sulbar

Sehingga  pada tgl 17 Maret 2018, Prodi D III Kebidanan berhasil meraih nilai
B akreditasi Lam-PTKes dengan angka  321.

Saat ini Prodi D III Kebidanan Stikes ST Fatimah Mamuju merupakan satu-satunya prodi D III Kebidanan yang mendapat nilai B di wilayah Propinsi Sulawesi Barat.

Disusul  28 Oktober 2018, Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners mendapatkan pengakuan dari LamPtkes melalui penilaian Akreditasi, mendapat Nilai 302 (B).

Berdasarkan keputusan Lembaga Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kesehatan ( LAN-PT.Kes ) prodi dibawah naungan Stikes ST Fatimah Mamuju semua dengan Akreditasi B.

Kondisi kekinian  SDM dosen sebanyak 60 orang, terdiri atas 40 orang dosen dan 20  tenaga staf.  Jumlah mahasiswa baru yang terseleksi tahun 2018 ini sebanyak 117 orang, dan jumlah mahasiswa yang aktif sebanyak 344 orang.

Jumlah lulusan tahun 2018 sebanyak 229 orang terdiri dari : D III Keperawatan sebanyak 44 orang, D III Kebidanan sebanyak 50 orang, S1 Keperawatan   86  orang, terdiri dari Profesi Ners sebanyak 49 orang.

Rata-rata Indeks Prestasi Akademik kumulatif (IPK) lulusan tahun 2017/2018 adalah 3.30.Lulusan terbaik dengan IPK tertinggi ada pada Profesi Ners dengan IPK 3.92, kemudian prodi  S1 Keperawatan dengan IPK 3.87.

Prodi D III Keperawatan dengan IPK 3.83 dan Prodi D III Kebidanan dengan IPK 3.50. Tahun ini tenaga dosen yang sementara menyelesaikan studi S2 sebanyak 17  orang dan dosen yang telah selesai menempuh pendidikan S2 sebanyak 60 orang.

Gedung Ruang Kelas Belajar (RKB) terdiri dari 2 lantai dengan 9 kelas dan 1 Aula yang representative, Gedung Perpustakaan, Gedung Laboratorium terdiri dari : Komputer, Kebidanan dan Keperawatan.

Jaringan Internet yang dapat diakses oleh mahasiswa melalui media IT (Informasin Teknologi) dalam melengkapi refrensi yang tersedia berupa ilmu dan teknologi yang ada Asrama putri terdiri dari 40 kamar. (yahya)
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.