Ibadah Sosial dan Dokter Keliling Prabowo Menyapa

-->
Tim Dokter Keliling (Dokling) dengan Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya Hery Gunawan berpose disela-sela kegiatan Dokter Keliling yang dikemas dengan Prabowo Menyapa / Dokumen Bugiswarta
Bugiswarta.com, Opini -- Kita kembali untuk mengurai dan menghubungkan beberapa kegiatan sebagai pengabdian manusia dengan Allah dengan memanusiakan manusia, tentu banyak penafsiran tentang bagaimana pengejawantahan spirit Spritual kita dalam aksi nyata atau aksi sosial. 
Buka Juga Video Ini : 
Coba direnungi kembali dalam ajaran Nabi Muhammadi SAW melalui agama Islam, kita akan mendapati dua kategori ibadah, yaitu ibadah shirah (ibadah individual) dan ibadah muta'adiyah (ibadah sosial). Ibadah shirah adalah ibadah yang manfaatnya hanya dirasakan oleh pelakunya, seperti ibadah shalat, puasa, dan haji.

Sedangkan ibadah muta'adiyah adalah ibadah yang manfaatnya dirasakan oleh pelakunya dan dirasakan pula oleh orang lain, seperti mengeluarkan zakat, menyantuni anak yatim, menyedekahkan harta kepada fakir miskin dan kegiatan-kegiatan membatu sesama manusia.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Jika seseorang meninggal dunia, amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa kepadanya." (HR Muslim).

Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan mendidik anak agar menjadi anak saleh merupakan 3 (tiga) bentuk ibadah yang termasuk ibadah muta'adiyah. Maka itu, pahala sang pelaku ibadah tersebut tidak akan terputus karena orang lain terus-menerus merasakan manfaat darinya. Oleh karena itu, agama memerintahkan kepada kita untuk melaksanakan ibadah muta'adiyah selain melaksanakan ibadah shirah

Nah Apa hubungannya dengan kegiatan Dokter Keliling Prabowo Menyapa yang sejak keberadaanya tak pernah berhenti bergerak, ke seluruh penjuru Republik ini, dimulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi hingga ke Nusa Tenggara Barat.

Kami menilai gerakan Dokter Keliling Prabowo Menyapa dengan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat, adalah bentuk Ibadah Sosial Partai Gerindra yang dipimpin oleh Letjend (Purn) H. Prabowo Subianto.

Pengobatan secara gratis kepada masyarakat juga memiliki bahasa religious seperti yang dipopulerkan oleh organisasi Muhammadiyah sebagai Teologi Al-Ma’un atau Tauhid Sosial dalam bahasa Amien Rais.

Prabowo Subianto dalam beberapa kasus bencana alam senantiasa menugaskan para dokternya, untuk memberikan pengobatan kepada korban Bencana Alam, terakhir menugaskan tim Dokter Keliling untuk memberikan bantuan pengobatan gratis di titik Gempa Lombok Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya sejumlah daerah pun ia kunjungi, seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan bebagai wilayah lainnya.

Penulis Usman Al-Khair Larampeng

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.