Mahasiswa Zaman Now, Tumbuh dan Berkembang Lewat Wirausaha


Bugiswarta.com, Makassar -- Kegiatan  bertajuk Business Summit dengan tema Millenial Enterpreneur terselenggara berkat kerja sama Fakultas Teknik Industri (FTI) dengan Apindo kota Makassar bertempat di pelataran FTI, Rabu 18 April 2018 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai rabu 18 april hingga kamis 19 april ini sudah diwacanakan sejak setahun lalu. Dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat khususnya kalangan mahasiswa dalam berwirausaha.

Menurut ketua panitia kegiatan dari Apindo, selama ini pengusaha dianggap sebagai jalan atau pekerjaan paling terakhir jika seseorang tidak mampu bekerja di perusahaan-perusahaan.

“Profesi pengusaha seringkali diartikan sebagai sebuah keterpaksaan. Banyak yang berpikir karena tidak mendapat pekerjaan idaman, maka pengusaha menjadi alternatif terakhir.” Tutur Haris.

Menurutnya, jika para pengusaha pendatang merintis karir usaha mereka dari bawah dan sungguh-sungguh, beda halnya dengan orang lokal pada umumnya. 

Mereka cenderung memiliki rasa saing tinggi namun enggan berproses. Hanya ingin yang instan saja tanpa melakukan usaha maksimal.

“Karena watak itulah kenapa kita bisa tertinggal dari orang-orang pendatang.” Tambah Haris.

Didasari mindset tersebut, dan melihat perkembangan dunia digital serta usaha zaman sekarang, maka Apindo memandang peluang mahawasiswa jauh lebih besar kesempatannya untuk merintis usaha sejak muda. 

Sebagai penerus dan generasi millenial bangsa.
“Menjadi tuan rumah di rumah sendiri adalah hal yang seharusnya bisa diwujudkan jika mahasiswa bergerak.”

Mahasiswa sebagai target kegiatan ini dipilih karena dianggap memiliki energi tinggi, serta kreatif dan imajinatif.

 Tujuan utama Apindo dengan adanya kegiatan ini yaitu untuk melahirkan,  menumbuhkan, dan mempertahankan bill usaha dengan harapan bisa menjadi skala industri yang akan menyerap tenaga kerja di masa depan.

Kegiatan ini menghadirkan sepuluh pembicara yang membahas berbagai tema dan isu-isu yang sedang marak dibicarakan seputar dunia usaha dan ketenagakerjaan.

Selain materi, juga ada panggung inspirasi dan stand - stand  yang berdiri sebagai bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muslim indonesia dan Apindo. Mulai dari ukm jenis usaha fashion, kuliner, hingga jasa. 

“Hal yang membedakan kegiatan lain adalah kami memang menyaring mahasiswa yang memiliki minat, bakat, dan kemauan atau passion di bidang wirausaha untuk dibina langsung oleh pihak Apindo.” Tutup Haris.

Meskipun kegiatan ini hasil kerjasama antara FTI dan Apindo, namun akses masuk terbuka untuk umum.

Haris selaku ketua panitia berharap output dari kegiatan ini akan menjadi jalan pembuka mahasiswa untuk berwirausaha khususnya kalangan civitas akademika UMI.

Nama : Wafia Mustamin
Mahasiswa Jurnalistik Komunikasi UMI Makassar


Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.