HJB Bone ke 688 dihadiri 41 Raja se Nusantara

Proses pencucian benda Pusaka/Istimewa
Bugiswarta.com, Bone -- Salah satu puncak perayaan yang paling sakral  Hari Jadi Bone (HJB) ke 688 adalah pencucian benda benda pusaka kerajaan (Mattompang - Bugis) dipusatkan dihalaman rumah Jabatan Bupati Bone selasa 3 april 2018.
Ritual Mattompang Arajang dianggap sakral karena prosesi doanya pun dipimpin oleh sejumlah Bissu. Selain itu pada HJB Bone 688 ini dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan (Sul-Sel) Syahrul Yasin Limpo , Aksa Mahmud, Ketua KKMB SulSel Andi Muallim dan Nurdin Halid serta  Andi Baso Fahsar Mahdin Padjalangi, Ambo Dalle.
Menariknya HUT Bone kali ini dihadiri Ketua Pemangku Adat se Nusantara Datuk Sultan dan beberapa Raja Raja se Nusantara diantaranya dari Brunai, Inggris dan Belanda
Pjs. Bupati Bone Andi Bakti Haruni mengatakan peringatan Hari Jadi Bone ke 688 dilaksanakan dgn tujuan mengenang kembali semangat Historis masyarakat Bone terhadap kejayaan masalampau yang kental degan nilai nilai Budaya, Adat Istiadat dan ke Agamaan.
“Dan HUT Bone bisa menjadi momen berkontemprasi mengevaluasi diri sekaligus menjadi peringatan bagi masyarakat Bone jagan sampai melupakam Sejarah,” Ungkap Andi Bhakti.
Dikesempatan yang sama Gubernur SulSel menyebut bahwa orang Bone cerdas dan pandai sekaligus pelaut ulung yang tangguh.

di akhir sambutannya beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama sama membangun SulSel 10 tahun dalam kepemimpinannya yang dirangkaikan degan penanda tanganan proyek pembangunan di tahun 2017 serta penyerahan sejumlah bantuan  terhadap Pemerintahan Kabupaten Bone.
AndiIdaFarida/Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.