Inilah Rencana Universitas Baru Segera Hadir di Kopertis IX -->
Cari Berita

Inilah Rencana Universitas Baru Segera Hadir di Kopertis IX

Kepala bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi, Andi Lukman (tengah) bersama dengan para pimpinan PTS asal Sulaqwesi Utara. (foto:yahya) 

Bugiswarta.com, Makassar -- Sejumlah kampus dengan pengelola yayasan yang sama satu persatu akan menyatu dan meningkatkan status kelembahaan dari akademi menjadi sekolah tinggi, sekolah tinggi jadi univerasitas atau ada juga jadi politeknik dan institut.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Drs. Andi Lukman, M.Si kepada CERDAS di ruang kerjanya, Senin (5/2/2018). 

Dijelaskan, selama ini sudah ada kampus yang disatukan yakni, Universitas Muslim Maros (UMMA). Kampus dengan nama baru ini sebelumnya adalah penyatuan tiga sekolah tinggi yakni STKIP Yapim, STIE Yapim dan STIPER Yapim, tegas  Lukman.

Kampus telah diberi rekomendasi oleh Kopertis IX Sulawesi untuk melakukan penyatuan yakni Yayasan Bina Taruna membina STIA Bina Taruna dan STITEK Bina Taruna akan beralih jadi Universitas Bina Taruna, tegasnya.

Selain itu ada juga kampus di Raha Sultra yakni Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha akan beralih jadi universitas. Hal sama juga akan segera terwujud Universitas Muhammadiyah Luwu dengan penggabungan beberapa sekolah tinggi, ungkapnya.

Rekomendasi terbaru dari Kopertis Wilayah IX Sulawesi untuk  penyatuan kampuas adalah, Universitas Muhammadiyah Sidrap. Dua sekolah tinggi  bergabung yakni STISIPOL Muhammadiyah Sidrap dan STKIP Muhammadiyah Sidrap, katanya.

Selain itu juga akan segera berproses lahirnya Universitas Mega Rezky Makassar yang merupakan gabungan dari STIKES Mega Rezky dan STKIP Mega Rezky Makassar.

Kampus lainya yang sedang juga berproses adalah Universitas Daeng Patompo Makassar,  merupakan penggabungan dari STKIP PI Indonesia, STIE PI dan IST PI, dan Universitas Muhammadiyah Sinjai, tandas Lukman.  (yahya).