Ketua ISLA Unhas Ajak Mahasiswa Kelautan se-Indonesia Kembangkan Bisnis Maritim -->
Cari Berita

Ketua ISLA Unhas Ajak Mahasiswa Kelautan se-Indonesia Kembangkan Bisnis Maritim



Bugiswarta.com, MAKASSAR,  - Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA Unhas), Darwis Ismail mengajak mahasiswa ilmu dan teknologi kelautan se-Indonesia untuk mengembangkan bisnis bidang maritim. 

Demikian disampaikan Darwis Ismail saat menjadi narasumber di Simposium Kelautan Nasional Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himitekindo) di Auditorium Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran Unhas, Senin(21/1/2018). 

“Indonesia punya potensi kelautan dan perikanan yang sangat luar biasa. Sudah saatnya mahasiswa kelautan untuk melirik bisnis bidang kemaritiman," jelas Darwi Ismail. 

Menurutnya, bisnis sektor maritim di Indonesia belum dikembangkan secara maksimal dan masih banyak dikuasai oleh asing. Untuk itu dia meminta mahasiswa untuk melirik potensi. 

Kata dia, ada sepuluh potensi prospek bidang maritim yakni pariwisata bahari, perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi, pertambangan dan energi, transportasi laut, industri dan jasa maritim, pembangunan pulau-pulau kecil dan sumber daya non-konvensional. 

“Untuk menjadi pebisnis handal, mahasiswa harus punya komitmen untuk berkembang, mengembangkan networking, banyak belajar di organisasi salah satunya adalah himitekindo. Selanjutya anda tinggal meramu dan menyusun strategi," tegas Darwis yang saat ini telah menjadi pebisnis handal di DKI Jakarta. 

Namun, Darwis meminta Himitekindo untuk mengawal sejumlah permasalahan yang menghambat pengembangan bisnis sektor maritim. Sehingga akan mempermudah mahasiswa kelautan kedepannya. 

"Berbagai penghambat diantaranya adalah sumberdaya manusia yang belum mampu bersaing, sistem finansia di Indonesia belum berpihak ke bidang kelautan dan perikanan, teknologi, sudut pandang tentang laut dan infrastuktur yang memadai," jelas Darwis. 

Diketahui, Simposium Kelautan Himitekindo merupakan rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional ke XII Himitekindo di Kota Makassar yang dihadiri perwakilan mahasiswa ilmu dan teknologi keldautan dari 24 universitas se-Indonesia.

Rilis BPH HIMITEKINDO