Makna Tugu 72 Era Kepemimpinan Akar-Super

Bugiswarta.com, Soppeng, -- Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak SE, Meresmikan tugu 72 yang berlokasi batu atau tugu di Lamempatu'e, tempat pelantikan raja-raja Soppeng sejak raja pertama Latemmamala hingga pemerintahan sekarang

Makna tugu 72 memiliki berarti, angka tujuh dan dua mempunyai arti yaitu tujuh simpan air mancur yang di ampit dua taman yang Indah.

"Kami bukan hanya membangun tugu ini karena kepentingan, tapi tugu ini memiliki makna history lahirnya bumi Latemmamala," kata Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH kepada Bugiswarta.com Rau 27 Desember 2017

Sementara angka 1261 ini sebagai tahun lahirnya Bumi Latemmamala setelah melalui masa peran kerajaan di masa lampau, dan tepatnya juga pada tahun itu dilantiknya Raja pertama soppeng yaitu Latemmamala.

Terkait nilai historinya tugu tujuh dua ini, dimana dari sisi dua kerajaan yaitu Soppeng Riaja dan Soppeng Rilau sebelum bersatu didamaikan oleh suatu pemangku adat dalam menyatukan suatu kerajaan soppeng jadi satu.


Juga tugu ini melambangkan kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun tepat di bangunnya pada tahun 2017. Yang mana angka tujuuhnya berwarna merah dan angka dua berwarna putih yang melambangkan bendera Indonesia.

Mansur/Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.