LSM Latenri Tappu Berharap Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

Bugiswarta.com, Bone -- Adanya kenaikan Dana Desa (DD) yang bersumber dari pemerintah pusat, Ketua LSM Latenri Tappu Samsul kembali mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa untuk menggunakan dana desa secara tepat serta mengikuti aturan mulai dari perencanaan hingga realisasinya.

"Kenaikan Dana Desa tahun 2017 tentunya meloncat, terlepas dari itu semua, kita juga memiliki tantangan yang lebih berat khususnya dalam pengelolaan adminstrasi dan keuangan. Dalam hal ini, pengawasan harus lebih diperketat," ujar Samsul. Ketua LSM Latenri Tappu

Selain itu, seluruh Kades khususnya di kabupaten bone dituntut untuk menggunakan Dana Desa sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) mulai dari proses perencanaan yang melibatkan masyarakat, pemanfaatan anggaran, hingga pada proses laporan pertanggung jawaban.

Lebih lanjut ia mengatakan, Samsul juga telah menghimbau seluruh pihak desa dikabupaten bone untuk membuat baliho transparansi APBDes yang memuat seluruh rencana penggunaan dana hingga realisasinya.

masyarakat diharapkan dapat berperan aktif mengawasi penyaluran dana desa guna mencegah kemungkinan penyimpangan yang mungkin dilakukan oleh Kades atau Aparat Desa lainnya.

Terkait pemasangan baliho, jauh sebelumnya sudah disampaikan kesemua kepala desa namun masih ada terdapat desa yang belum melakukan.

Kedepannya, kami mengharapakan kepada semua pihak desa agar ikut mematuhi aturan tersebut yang sudah diatur oleh Kementrian desa. Jika masih ada kepala desa tidak mengikuti aturan yang ada maka kami sebagai sosial kontrol Lembaga Swadaya Masarakat - LSM Latenri Tappu tidak segan-segan melaporkan kepada pihak yang berwajib demi kepentingan masyarakat.


Asrul/Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.