Gema Desantara, Berikan Pemahaman Pertanian yang Alami

BUGISWARTA.com, Soppeng -- Asisten II Andi Akbar Nur Tahir mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng membuka Pelatihan Kepeloporan Pemuda Bidang Pertanian Organik yang dilaksanakan Gema Desantara bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di Aula Hotel Kayangan Soppeng.Rabu tanggal (25/10/17)

Ketua Panitia Pelaksana Muzakkir Sudirman  menyampaikan bahwa salah satu tujuan pelatihan ini adalah untuk menciptakan kader muda pertanian yang berbasis non zat kimia (alami).

"Dengan memahami sistem pertanian alami maka nantinya dapat memaksimalkan potensi lokal daerah dalam bertani yang pada akhirnya dapat memaksimalkan peran pemuda untuk pertanian bersifat alami" ungkap Musakkir

Sementara sambutan anggota Gema Desantara dan perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga Burhanuddin menyampaikan bahwa Gema Desantara merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam rangka pemberdayaan pemuda khususnya di desa-desa.

"Kami bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk mengubah mainsheet atau paradigma pemuda di Indonesia terkait dengan pertanian," Tutur Burhanuddin

Lanjut Pengurus Gema Desantara menerapkan  dengan menggagas program pertanian organik karena melihat banyak dari kalangan pemuda yang berpendapat bahwa petani adalah pekerjaan kasar yang tidak dapat menjanjikan kesejahteraan.

Sementara Sambutan Bupati Soppeng yang di wakili Asisten II Andi Akbar Nur Tahir mengatakan sangat mengapresiasi yang tinggi kepada Gema Desantara yang bekerjasama dengan Kemenpora RI karena telah melaksanakan kegiatan ini, karena Kabupaten Soppeng bergerak 70 persen di bidang Pertanian.

"Saya melihat ada kecenderungan dari kalangan pemuda pemudi yang sudah selesai pada jenjang pendidikan Sarjana Setara satu (S1) banyak yang mengiginkan jadi PNS, tapi ini sangat penting dalam memajukan pertanian yang alami," Ungkap Akbar

Dengan harapan kepada peserta dapat memahami teori partanian alami ini dan dapat mengaplesiasikan nanti di setiap daerah Desanya, Selain itu Bupati Soppeng juga akan programkan Soppeng sebagai pilot project pertanian modern di Sulawesi Selatan dengan menyiapkan lahan sekitar 100 hektar di Kecamatan Liliriaja. Jelasnya

Mansur/Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.