YSKI Makassar Gelar Sosialisasi Kanker dan Tumor di Sinjai


Sosialisasi kanker dan tumor oleh Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia cabang Makassar yang diikuti para kabag, kasubag, serta staf Setdakab Sinjai

BUGISWARTA.com, Sinjai -- Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) cabang Makassar menggelar sosialisasi kanker dan tumor yang diikuti oleh para kabag, kasubag, serta staf Sekretariat Daerah Kabupaten Sinjai yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin 25 September 2017.

Selaku pemateri, Hilda Hamnu, S.Kep,Ns menjelaskan bahwa kanker diawali dengan tumor, dimana tumor terbagi atas dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas, tumor jinak jika dibiarkan akan menjadi tumor ganas dan tumor ganas inilah yang menjadi kanker.

"Faktor penyebab yaitu faktor genetik atau keturunan, faktor kimia/fisika misalnya asap rokok, asap kendaraan bermotor, asap pabrik, gelombang elektromagnetik berupa radiasi dari alat elektronik yang sering digunakan, faktor makanan atau minuman misalnya penggunaan zat pengawet, pewarna buatan, serta cara pengolahan dan penyajian makanan yang salah," jelasnya.

Jenis kanker yang dijelaskan adalah kanker prostat yang merupakan pembunuh nomor tiga bagi pria, kanker serviks yang merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita.

Lanjut, ia menjelaskan bahwa yayasan ini memberikan dana bantuan bagi penderita kanker yang tidak mampu.

"Jika terdapat saudara, teman atau tetangga yang menderita kanker dan kurang mampu maka dapat menghubungi yayasan ini," lengkapnya.

BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.