Sambut Tahun Baru Islam 1439 H, Ponpes Ganra Gelar Pawai

BUGISARTA>com, Soppeng -- Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1439 Hijriah, Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra menggelar Porseni yang dirangkaikan dengan pawai keliling Desa Ganra.

Porseni Muharram merupakan agenda tahunan Ponpes Pergis Ganra sejak beberapa tahun silam. Tahun ini (1439 H/2017 M) pelaksanaan ke delapan kalinya yang akan berlangsung mulai hari ini (21-26 September 2017 .

Acara ini dihadiri oleh santri, guru, pembina Ponpes Perguruan Islam Ganra. Turut hadir Camat Ganra, Kapolsek Ganra, Danramil Ganra, Kepala Desa Ganra, Dewan Pembina, Dewan Pengawas, Dewan Pengurus Yayasan Perguruan Islam Ganra, Pimpinan Pondok, Kepala Sekolah lingkup Yayasan Perguruan Islam Ganra, Majelis Ta'lim, Karang Taruna, Remaja Mesjid. 


Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan: menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1439 Hijriah, mempererat tali silaturrahmi, menggali potensi dan bakat santri, ajang dan pengembangan kreatifitas santri, meningkatkan motivasi santri dalam belajar dan menumbuhkan kecintaan pada Al-Qur'an.

Adapun cabang olahraga yang diperlombakan: futsal, bola volly, takraw, lari sarung, lari kelereng, makan kerupuk, tennis meja, bulu tangkis, tarik tambang, lari 100 meter. Sedangkan cabang seni: hifdzil qur'an, tadarrus, tilawah, cipta dan baca puisi, lagu solo, lagu nasyid, musik kreasi, drama islami, pidato empat bahasa, dan adzan.

Sehari sebelumnya (20/09/2017) terlebih dahulu digelar Dzikir Bersama. Hari ini (21/09/2017) dilanjutkan upacara pembukaan Porseni Muharram ke-8, Camat Ganra yang diwakili oleh Syarifuddin bertindak sebagai pembina upacara.Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat besar terhadap pelaksanaan Porseni Muharram.

"Kegiatan seperti ini memiliki manfaat yang sangat besar, banyak siswa yang memiliki bakat namun tidak pernah diasah, sehingga melalui kegiatan ini akan menjadi ajang bagi siswa untuk mempertajam bakatnya. Kita berharap akan terus berlanjut di tahun berikutnya dengan menyesuaikan waktu dengan kegiatan tingkat kabupaten." Kata Syarifuddin selanjutnya Sambutan diakhiri dengan membuka secara resmi Porseni ke-8 Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra.

Rombongan pawai dilepas oleh camat Ganra yang didahului oleh kelompok drumb band MI Pergis Ganra yang diikuti oleh seluruh peserta pawai. Selanjutnya peserta berjalan mengikuti rute yang sudah ditentukan oleh panitia.

Pawai diakhiri dengan pengundian doorprize. Sedikitnya seratus hadiah yang diberikan kepada pemenang undian. Terlihat seluruh peserta pawai antusias menanti nomor kupon disebut oleh panitia pelaksana. Acara pengundian diakhiri dengan undian hadiah utama yaitu satu unit sepeda.


CITIZEN Report : Andi Hartasanjaya
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.