Kodim 1415 Selayar, Tayangkan Film G30/S-PKI -->
Cari Berita

Kodim 1415 Selayar, Tayangkan Film G30/S-PKI

BUGISWARAT.com, SELAYAR -- Perintah dan instruksi Panglima TNI,  Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bagi seluruh institusi TNI di pelosok nusantara untuk melakukan kegiatan penayangan dan pemutaran film G/30 SPKI dijabarkan jajaran Kodim 1415 Kepulauan Selayar, dibawah Komando, Letkol ARM Yuwono, S.Sos., MM melalui penyebarluasan informasi rencana nonton bareng fim G30/SPKI yang telah dan akan dilaksanakan di empat koramil dan tujuh Pos Ramil.

Kegiatan pemutaran film serupa akan dilaksanakan di Markas Komado Distrik Militer 1415 Kepulauan Selayar. Letkol ARM Yuwono mengkonfirmasi, pemutaran film G30/S-PKI sudah mulai dilaksanakan secara serentak sejak hari Rabu, (20/09) hingga dengan hari, Sabtu (30/09) malam.

Pemutaran film ini merupakan media serta wahana pembelajaran sejarah bagi segenap elemen bangsa dan generasi muda dalam upaya untuk menanamkan pentingnya penerapan nilai-nilai pendidikan sejarah dan patriotisme di masyarakat. 

Kegiatan ini diharapkan akan menambah wawasan pengetahuan generasi bangsa akan catatan perjalanan sejarah perjuangan yang dirasakan semakin tergerus oleh midernisasi dan perlahan mulai luntur, hingga tak sedikit diantara mereka, generasi bangsa yang tak lagi memahami catatan sejarah perjuangan masa lalu.

Sadar akan hal tersebut, jajaran institusi TNI-AD dari satuan Kodim 1415 Kepulauan Selayar mencoba, menginisiasi kegiatan pemutaran film G30/S-PKI dalam rangka untuk mengembalikan ingatan masyarakat akan arti pentingnya memahami nilai-nilai sejarah perjuangan kemerdekaan.

Pernyataan ini dilontarkan Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Letkol ARM Yuwono, S.Sos., MM dalam keterangan pers yang disampaikannya kepada wartawan pada hari, Jum’at (22/09) pagi, bertempat di Mako Distrik Militer 1415 Kepulauan Selayar.

Inisiasi pemutaran film G30/S-PKI dimaksudkan sebagai media pendidikan non formal yang diharapkan, bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan sejarah yang benar tentang pergerakan dan pemberontakan G30/S-PKI dalam meronrong keberlangsungan pemerintahan serta keutuhan NKRI.

Acara nonton bareng penayangan fim G30/S-PKI telah, dan akan dilaksanakan secara serentak di seluruh markas komando satuan TNI di Indonesia.


 Oleh karenanya, pemutaran film G30/S-PKI yang juga telah dan akan dilaksanakan oleh jajaran satuan Kodim 1415 Kepulauan Selayar dimulai sejak hari Rabu, (20/09) sampai hari Sabtu, (30/09) ini, diharapkan untuk bisa ditonton oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, terkhusus bagi generasi muda, hingga dengan sendirinya, mereka akan paham tentang sejarah pemberontakan dan penghianatan G30/S-PKI, kunci Yuwono kepada wartawan. (fadly syarif/Usman)